Minahasa Tenggara (ANTARA) - Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap memerintahkan para perawat untuk turun ke seluruh desa di daerah itu guna menyosialisasikan berbagai hal terkait dengan upaya pencegahan penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19).

"Saat ini harus ada satu perawat satu desa yang bertugas melakukan penyuluhan kepada masyarakat terkait pencegahan penyebaran virus COVID-19," kata dia di Ratahan, Jumat.

Selain melakukan penyuluhan kepada masyarakat, kata dia, para perawat juga wajib melakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat secara rutin.

"Nantinya selain menyampaikan pencegahan penyebaran virus ini, mereka juga wajib melakukan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat," katanya.

James juga memerintahkan para kepala desa untuk memfasilitasi para perawat saat melakukan tugas di masyarakat.

"Kepala desa harus memfasilitasi tugas-tugas dari perawat, sehingga tugas mereka dapat lebih maksimal," kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Tenggara Helni Ratuliu mengatakan pihaknya segera menyusun jadwal bagi para perawat untuk turun ke desa-desa melaksanakan tugas sosialisasi pencegahan COVID-19.

"Jadwalnya kami segera siapkan. Nantinya para petugas medis akan kami maksimalkan yang ada di puskesmas," ujarnya.

Ia menambahkan pelaksanaan tugas para perawat juga akan didukung seluruh puskesmas di setiap kecamatan.

"Dukungan juga dari pemerintah desa sangat penting, karena mereka juga yang lebih mengenal kondisi wilayah dan masyarakat," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024