Manado (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) membagikan ribuan alat pelindung diri (APD) dan multivitamin kepada para pekerja di Provinsi Sulawesi Utara guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Kami telah membagikan masker sebanyak 5.750 buah dan multivitamin sebanyak 1.200 buah pada tahap pertama, dan untuk tahap berikutnya akan dibagikan bantuan berupa APD dan helm," ujar Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Manado Hendrayanto di Manado, Kamis.

Seperti saat ini, pihaknya melakukan kegiatan promotif dan preventif bagi para pekerja dan memberikan bantuan dengan membagikan masker dan multivitamin kepada peserta.

Ia mengatakan maksud kegiatan promotif dan preventif itu membantu perusahaan dalam melaksanakan keselamatan dan kesehatan kerja di tengah pandemi COVID-19.

Pentingnya promotif dan preventif, katanya, mengingatkan kepada pemberi kerja tentang perlunya perhatian secara saksama terkait dengan kesehatan dan keselamatan kerja bagi tenaga kerjanya.

Ia menjelaskan kegiatan itu secara rutin dilaksanakan setiap tahun, sedangkan pada tahun ini sehubungan dalam kondisi pandemi, maka pihaknya membagikan APD dan vitamin.

Tujuan kegiatan itu, katanya, agar koordinasi antara BPJAMSOSTEK dengan pihak perusahan bisa berkesinambungan dalam upaya peningkatan keselamatan dan kecelakaan kerja, sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan kerja ataupun penyakit akibat kerja dalam upaya mewujudkan "zero accident".

Perusahaan penerima bantuan promotif dan preventif itu didasarkan pada perusahaan yang telah terdaftar minimal tiga tahun serta tertib administrasi dan tidak menunggak iuran.

Selain itu, katanya, perusahaan yang melaporkan upah karyawan minimal UMP/K serta tidak masuk dalam kategori perusahaan yang mendaftar sebagian karyawannya.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024