Manado (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sulawesi Utara mengajak semua umat agar berkurban guna membantu kaum dhuafa di daerah tersebut, di tengah pandemi virus corona (COVID-19).

"Kami terus mengajak agar umat tetap memberikan kurban untuk sesama kita yang membutuhkan," kata Ketua Baznas Sulut Abid Takalamingan di Manado, Sabtu.

Abid mengatakan, apalagi saat ini masyarakat menghadapi pandemi COVID-19 sehingga banyak yang tidak lagi memiliki pekerjaan, apalagi para kaum dhuafa yang perlu dibantu.

Dia menjelaskan peristiwa kurban hendaknya bisa lebih dimaknai bukan hanya sekadar menyembelih hewan kurban semata, tetapi lebih dari itu kita harus bisa menangkap makna yang terkandung dalam perintah-Nya.

Hakikat kurban memang sangatlah relatif, yang pasti Tuhan tidak membutuhkan di balik perintah-Nya, melainkan rasa cinta kita dengan mendekatkan diri kepada-Nya.

Berkurban juga merupakan sebagai tanda cinta terhadap sesama.

"Dengan berkurban kita dilatih untuk peka dan peduli kepada sesama," katanya.

Hal ini, katanya, dalam rangka menumbuhkembangkan spirit pengorbanan untuk berbagi dengan yang lain dalam rangka pembentukan karakter masyarakat dan bangsa yang beradab.

Dibuktikan dengan membagikan daging kurban untuk dinikmati orang lain, dengan memprioritaskan kaum fakir miskin yang lebih membutuhkan, tambahnya. 
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024