Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey memantau kesiapan pusat perbelanjaan di Manado menjelang diberlakukannya normal baru pada pekan depan.

"Kami mempersiapkan seluruh pelaku usaha yang ada di Sulut agar masyarakat bisa melakukan kegiatan ekonominya seperti semula, tetapi mengikuti prosedur standar COVID-19, itu intinya," ujar Gubernur Olly di Manado, Kamis.

Gubernur mengatakan, peninjauan pusat perbelanjaan ini untuk memastikan kesiapan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang diatur melalui Peraturan Gubernur Sulut Nomor 40 tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman COVID-19 yang mulai berlaku pada Selasa pekan ini.

Pada masa transisi menuju masyarakat aman, sehat, dan produktif, kegiatan sosial-ekonomi dapat dilakukan dengan melakukan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak fisik dan mencuci tangan dengan sabun.

"Saya lihat kalau protapnya seperti ini, ada jaga jarak, kita semua memakai masker, saya kira pasti tidak ada masalah, ini nanti akan dikoordinasikan dengan seluruh kabupaten/kota untuk disosialisasikan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly bersama forkpimda berkeliling mal melihat kesiapan sarana penunjang protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan, hand santizer hingga mengecek tenant sambil memastikan kesesuaian prosedur menerapkan protokol kesehatan.

Gubernur mengapresiasi kesiapan pengelola mal menerapkan protokol kesehatan di fase normal baru.

"Aturan tersebut berlaku di seluruh kabupaten dan kota di Sulut," katanya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024