Manado (ANTARA) - PT PLN Sulawesi Utara ,Sulawesi Tengah, Gorontalo (Suluttenggo) berkomitmen mendukung pertumbuhan ekonomi daerah tersebut, meskipun ada  pandemi virus corona (COVID-19).

"Dukungan PLN  dengan menyediakan tenaga listrik baik kepada pemda, investor maupun pelanggan rumah tangga," kata GM PLN Suluttenggo Leo Maria Basuki Bremani melalui Manager PLN UP3 Palu, Muh Wardi Hadi di Manado, Selasa.

Dia mengatakan kali ini pihaknya memasang jaringan listrik di Kantor Departemen Pariwisata, Seni dan Budaya Provinsi Sulawesi Tengah sekaligus menjadi pelanggan PLN Premium TR Pertama di Palu. 

PLN dengan cepat melakukan tahap demi tahap proses penambahan daya listrik sehingga pada tanggal 17 Juni 2020 Kantor tersebut sudah dapat menggunakan listrik PLN dengan daya awal 33.000 VA menjadi 53.000 VA .

“Semoga dengan tersedianya pasokan listrik dengan daya yang memadai dan andal, dapat mendukung proses bisnis dan infrastrukur yang ada di Kota Palu  dan berharap mereka yang masih beroperasi  menggunakan  genset atau mesin diesel, dapat segera beralih ke listrik PLN. Karena selain dari segi ekonomi  lebih murah, tingkat pelayanan dan keamanan pun akan lebih terjamin,” kata kata Manager PLN UP3 Palu, Muh Wardi Hadi.

Saat ini beban puncak Sulteng untuk siang hari mencapai 103,11 Mega Watt (MW) dan 139,11 MW pada malam hari. Sedangkan daya mampu pasokan listrik Sulteng sebesar 197,71 MW. 

"Pasokan listrik untuk Sulteng masih cukup, silakan dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis dan industri untuk kemajuan ekonomi Provinsi Sulawesi Tengah," kata  Wardi.

Proses penyambungan baru maupun tambah daya, katanya  dapat diajukan pelanggan melalui Contact Centre PLN 123 atau web PLN yang beralamatkan di www.pln.co.id, sehingga pelanggan tidak perlu bersusah payah untuk datang ke kantor PLN jika hendak mengajukan permohonan. 

Dalam memberikan pelayanan, PLN  mendukung gerakan physical distancing yang diimbau oleh pemerintah dimana petugas PLN selalu dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) dan peralatan kebersihan yang lengkap. 

Selain itu, katanya, petugas telah menjalankan protokol keselamatan dengan baik, sehingga dapat dipastikan bahwa petugas melayani pelanggan dalam kondisi aman.

Untuk memudahkan layanan informasi bagi masyarakat, hanya dengan mendownload aplikasi PLN Mobile dari Playstore/AppStore, maka masyarakat langsung mendapatkan informasi dari fitur-fitur seperti cek tagihan dan riwayat token; permohonan pasang baru, perubahan daya, penyambungan sementara; cek status pengaduan dan permohonan; informasi tarif listrik terkini, dan telepon *contact center PLN 123* dengan voice over internet protocol (VoIP) dengan menggunakan pulsa data tanpa pulsa telepon.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024