Manado (ANTARA) - PT PLN Sulawesi Utara Sulawesi Tengah Gorontalo (Suluttenggo) mendukung sektor pariwisata dalam menyambut "new normal" atau normal baru.

"PLN Peduli Bina Masyarakat, menyambut New Normal tourism, dalam mendukung pariwisata di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Gorontalo," kata General Manager PLN UIW Suluttenggo, Leo Maria Basuki Bremani di Manado, Sabtu.

Dia mengatakan PT PLN (Persero) sebagai salah satu BUMN memiliki tanggung jawab sosial dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah kerjanya.

PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo hadir dengan program “PLN Peduli” terus konsisten dalam membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) dan PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan). 

Salah satu program CSR yang berhasil dikembangkan adalah Pelatihan pengolahan ekowisata bersama kelompok usaha tani Program Ekowisata Desa Tulabolo Dalam Mendukung Pariwisata di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone dengan Hewan Khas Burung Maleo.

Kali ini, katanya, bantuan PLN membantu masyarakat dengan focus pada bantuan pendidikan/pelatihan bersama kelompok usaha tani di Desa Tulabolo Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo sejumlah Rp25juta.

Manager UP3 Gorontalo, Supriyadi mengungkapkan bahwa Program CSR merupakan kegiatan rutin PLN, sesuai misinya menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan. 

"PLN UP3 Gorontalo dengan senang hati membantu untuk Pelatihan pengolahan ekowisata bersama kelompok usaha tani Program Ekowisata Desa Tulabolo Dalam Mendukung Pariwisata. Besar harapan kami, para masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik bantuan PLN ini, agar memberi dampak positif kepada warga yang ada di Desa Tulabolo serta peningkatan kesejahteraan masyarakat yang peduli dan terlibat demi perkembangan / kemajuan Ekowisata," ungkapnya.

Dia berharap dengan terlaksananya Pelatihan bersama Kelompok Tani ini kedepannya dapat membantu kelompok masyarakat yang lain dalam memaksimalkan pengelolaan ekowisata yang ada dalam Mendukung Pariwisata di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone dengan Hewan Khas Burung Maleo. 

Dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang, maka akan signifikan dengan peningkatan pendapatan masyarakat setempat.

Ia menambahkan semoga nanti kawasan ini semakin ramai pengunjung dan ekowisata terus berkembang, sehingga mendongkrak perekonomian masyarakat melalui pengelolaan kawasan ekowisata tersebut.

Senior Manager SDM dan General Affairs, Galih Chrissetyo, menekankan arah Kedepan PLN melalui Program Peduli akan terus berkomitmen membangun CSR dengan fokus Sustainable Development Goals (SDGs) dimana harapannya setiap program CSR bisa menyasar terhadap 17 Program SDGs meliputi Pengentasan Kemiskinan, Pangan, Kesehatan, Pendidikan, Kesetaraan Gender, Ketersediaan air, Ketersediaan energi, peningkatan perekonomian masyarakat, Infrastruktur,  Iklim, Pemukiman, Ekosistem Kelautan, dan juga keberlanjutan untuk mendukung pembangunan.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Rifly Katili mengungkapkan Bahwa Taman Nasional Bogani Nani Wartabone sementara dilakukan pengembangan wisata berkelanjutan (ecotourism), dengan ikon burung Maleo (Macrocephalon maleo). 

Untuk itu dengan bantuan PLN ini kami berkewajiban untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan penyangga melalui kegitan wisata berkelanjutan. Sebagai desa yang berbatasan dengan taman nasional, masyarakatnya harus diberdayakan melalui kegiatan ekonomi produktif, serta dapat meningkatkan pengetahuan dan informasi warga terhadap pengelolaan ekowisata yang ada. 

Dengan sinerginya dengan PLN, kami yakin warga masyarakat akan lebih meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Provinsi Gorontalo umumnya, ditambahkan juga apresiasinya  kepada PLN.

“Terima kasih kami ucapkan kepada PLN yang telah begitu peduli kepada kami, semoga apa yang sama-sama kita harapkan PLN semakin maju dan semakin jaya,” ujarnya.

Pada Kesempatan tersebut Tim PLN Peduli terus memperkenalkan New PLN Mobile yang PLN sediakan untuk kemudahan pelanggan dalam berhubungan dengan PLN. 

Dengan PLN Mobile pelanggan dapat mengetahui posisi petugas dalam penanganan gangguan yang dilaporkan, dan pelanggan pun dapat menghubungi PLN dengan dengan pilihan chat PLN123, telp menggunakan VoIP (Tanpa menggunakan Pulsa Telepon, melainkan Paket Data), atau telp CC123 dengan kode area kota masing-masing, dan kedepan New PLN Mobile dapat juga digunakan untuk transaksi pembayaran, pelanggan dapat mendownload PLN Mobile di Playstore dan Appstore.

 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024