Minahasa Tenggara (ANTARA) - Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap kedua di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara mulai disalurkan kepada masyarakat penerima.
"Saat ini terdapat 85 desa yang sudah menyalurkan BLT dana desa, kepada masyarakat penerima," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Minahasa Tenggara, Royke Lumingas di Ratahan, Kamis.
Dari total 85 desa yang telah menyalurkan bantuan tersebut, jumlah masyarakat penerima yaitu 2.826 orang, dengan anggaran yang telah terealisasi yaitu Rp 1.655.600.000.
Royke mengakui, terjadi penambahan penerima bantuan, dikarenakan berdasarkan hasil usulan dan verifikasi yang dilaksanakan di desa.
"Ada beberapa desa, yang jumlahnya mengalami penambahan. Namun ini sudah sesuai dengan proses verifikasi, sehingga masyarakat itu memang layak menerima," jelasnya.
Ia juga mengakui, adanya pengurangan data penerima karena adanya masyarakat yang juga menerima bantuan sosial lainnya.
"Termasuk juga ada yang pensiunan atau ASN, THL, BPD dan perangkat desa, itu sudah dikeluarkan dari daftar penerima," ungkapnya.
Sementara itu untuk realisasi tahap pertama penyaluran BLT-DD, telah diserahkan ke 3.326 orang, dengan anggaran Rp 1.995.600.000.
"Pola penyaluran tersebut masih seperti tahap pertama yaitu lewat rekening, dengan sistem virtual akun," tandasnya.***3***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024