Sulut, Tahuna (ANTARA) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Rivo Pudihang mengimbau warga di daerah setempat  mewaspadai bencana alam banjir dan longsor di musim hujan.

"Kami imbau semua masyarakat agar terus mewaspadai adanya bencana alam banjir dan longsor di musim hujan seperti saat ini," kata Rivo Pudihang di Tahuna, Rabu.

Menurut dia, intensitas hujan saat ini cukup tinggi di wilayah kepulauan Sangihe sehingga masyarakat diminta terus meningkatkan kewaspadaan.

"Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya longsor dan banjir," kata dia.

Sebagai daerah yang berbukit, ancaman longsor di musim hujan sering terjadi, dan ini harus mendapat perhatian masyarakat secara umum.

"Masyarakat harus mewaspadai bahaya longsor ketika melintasi wilayah perbukitan di musim hujan seperti saat ini," kata dia.

Kepala BPBD juga mengingatkan masyarakat agar tidak menyebar luaskan berita bohong mengenai bencana alam karena akan meresahkan masyarakat.

"Supaya tidak meresahkan masyarakat maka jangan menyebarluaskan informasi atau kejadian yang belum jelas kebenarannya karena dapat menimbulkan keresahan di masyarakat," kata dia.

Dia juga meminta masyarakat agar segera melapor kepada aparat setempat apabila terjadi bencana atau kecelakaan.

"Informasikan secepatnya kepada aparat setempat bila terjadi bencana atau kecelakaan agar segera dilakukan penanganan oleh petugas," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024