Sitaro (ANTARA) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) akan mengumumkan kelulusan murid tingkat akhir, sekolah dasar (SD) melalui sekolah-sekolah hari ini, Senin (15/6)

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Okswald  Makagiansar SH mengatakan sama seperti pengumuman kelulusan SMP, pengumuman kelulusan SD pun disampaikan langsung kepada wali murid. Ini untuk menghindari kegiatan berkumpul murid mencegah penyebaran Covid-19.

Jumlah siswa SD di Kabupaten Sitaro  yang lulus berjumlah 950 yang terdiri atas laki-laki 485 orang, perempuan 465 orang dan tersebar di 104 SD

“Hari ini semua sekolah SD  akan mengumumkan kelulusan. Untuk pengumuman tetap kita lakukan tertutup sama seperti SMP. Dan yang menentukan kelulusan semuanya kita serahkan kepada sekolah masing-masing. Karena wabah Covid-19, maka penentu kelulusan adalah nilai raport dari kelas 4 hingga kelas 6 SD dan hasil ujian sekolah,” papar Okswald di ruangannya.

Pihaknya pun mengimbau untuk sekolah-

Penyerahan surat kelulusan untuk siswa SD kelas 6 (2)

sekolah yang ada di Kabupaten Sitaro untuk tetap menunjukkan kualitas pendidikan dan penilaian di masa pendemi covid 19. "Sekalipun saat ini berada dalam masa covid 19, guru-guru tetap harus melaksanakan perannya secara profesional dan mematuhi ketentuan oleh kementrian secara konsisten dan menunggu instruksi dari pemerintah untuk bisa memulai aktivitas di sekolah" imbaunya.

Lebih lanjut dia  juga menyampaikan, pihak sekolah dalam pembagian pengumuman kelulusan nantinya tetap menggunakan protokol kesehatan Covid-19. “Siswa sudah tidak lagi datang ke sekolah untuk mendengar pengumuman kelulusan karena pihak sekolah akan turun untuk mengantar hasil kelulusan ke rumah siswa sambil tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan" ucapnya.

Senada dengan itu Kepala Sekolah SDN Inpres Tampungan KelurahanTarorane Akumina Kahiking meyampaikan kelulusan kali ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. " Untuk tahun ini kami turun langsung ke rumah siswa untuk menyerahkan surat hasil kelulusan dan 6 orang siswa SDN Inpres Tampungan dinyatakan lulus semua atau lulus 100 persen" jelas Kahiking.


Pewarta : Miranti Sahambangung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024