Sitaro (ANTARA) - Dinas Perindustrian Perdagangan dan  Tenaga Kerja (Disperindagnaker) Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus tingkatkan pelayanan pengawasan pasar ditengah pandemik COVID-19..

"Kewajiban rutin untuk  melakukan pemantauan setiap hari baik stok barang maupun  kestabilan  harga, “ kata Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Juneidi Sasela, ST di Pasar Ampera Ulu, Siau Timur, Jumat.

Pengawasan, kata dia,  dilakukan sambil berkordinasi dengan pihak distributor dari  luar daerah maupun distributor di Sitaro  dengan mengecek harga  sebelum turun ke pengecer.

Sasela juga menjelaskan telah melakukan simulasi untuk rencana ke depan dalam tatanan pasar tradisonal baru. “ Simulasi disini adalah  dengan adanya sekat yang  membatasi antar penjual dan pembeli mengingat saat  ini  adanya penularan covid 19.  Sekat ini akan memberikan jarak  untuk mencegah adanya rembesan lendir dan bersin antara penjual dan pembeli  “ tutunya.

Dia juga menambahkan simulasi yang dilakukan saat ini masih menggunakan plastik  bening sebagai pembatas dan ini juga persiapan untuk tatanan normal baru  sekaligus  revitalisasi pasar . “ Jadi  ketika pasar akan  di  revitalisasi maka ini  akan menjadi salah satu contoh untuk pembangunan pasar yang baru“ pungkasnya.

Penggunaan sekat untuk normal baru (2)  

Pewarta : Miranti Sahambangung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024