Manado (ANTARA) - Pemerintah kota (Pemkot) Manado, memperpanjang masa belajar dari rumah, bagi siswa PAUD, TK, SD dan SMP setempat sampai 26 Juni 2020. 

"Wali Kota Manado Dr. Vicky Lumentut, sudah mengeluarkan edaran tentang perpanjangan masa belajar dari rumah, bagi siswa sebagai antisipasi dan mencegah penyebaran COVID-19, di kalangan siswa," kata Kepala Dinas Pendidikan Manado, Dr. Daglan Walangitan, di Manado, Selasa. 

Dia mengatakan, perpanjangan masa belajar dari rumah itu, merupakan kebijakan yang dilakukan pemerintah kota, dibawah pimpinan wali kota, untuk melindungi anak-anak dari serangan COVID-19. 

Dia menjelaskan, perpanjangan sampai tanggal 26 Juni itu, artinya sampai masa penyerahan laporan hasil belajar siswa atau rapor selama semester genap ini. 

Menurutnya, dengan adanya perpanjangan masa belajar dari rumah, maka para siswa yang akan ujian semester kenaikan kelas, juga dilakukan dari kediaman masing-masing, dalam jaringan. 

Daglan mengatakan, memang SD rata-rata sudah mulai melakukan ulang kenaikan kelas, dan untuk hal tersebut, teknisnya diserahkan kepada sekolah yang melaksanakanya. 

Salah satu siswa siswa dari SMP Negeri I Manado, Jiro Wijoto,  yang masih melakukan kegiatan belajar dari rumah, mengatakan, masih menunggu pengumuman dari wali kelasnya tentang waktu ujian kenaikan kelas. 

"Tetapi saya tetap belajar dari rumah, diawasi orang tua, dan terus berkomunikasi dengan guru dan wali kelas untuk memastikan pelaksanaan ujian dan tugas-tugas yang diberikan," katanya. ***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024