Sulut, Tahuna (ANTARA) - Bintara Penerangan Kodim Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Serda Prasetya mengatakan Babinsa di Kepulauan Kawio Kecamatan Marore melaksanakan tugas pendampingan terhadap pelayanan Posyandu.

"Pendampingan terhadap kegiatan Posyandu di Kepulauan Kawio dilakukan Babinsa Marore, Sertu Jon Kaelung," kata Serta Prasetya di Tahuna, Kamis.

Pendampingan yang dilakukan Babinsa bagi pelayanan kesehatan ibu dan anak dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang ada di wilayah perbatasan.

"Kepulauan Kawio merupakan wilayah Kecamatan Marore yang berbatasan langsung dengan negara Filipina sehingga perlu kehadiran aparat keamanan termasuk Babinsa dalam kegiatan masyarakat," kata dia.

Dia mengatakan, kegiatan Posyandu dilaksanakan oleh petugas dari Puskemas Kecamatan Marore bertempat di Puskesmas Pembantu (Pustu) Kampung Kawio, yang merupakan salah satu wilayah terluar Indonesia.

Kehadiran Babinsa di masyarakat kata dia, merupakan salah satu bentuk tanggung jawab anggota TNI sebagai tentara rakyat.

Dia mengatakan, dengan pelayanan Posyandu secara rutin, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di perbatasan terutama dalam segi kesehatan.

"Pendampingan yang dilakukan, selain membantu petugas dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada warga, juga merupakan wujud nyata bahwa Babinsa juga sangat peduli terhadap perkembangan generasi penerus Bangsa," tutur dia.

Selain melaksanakan kegiatan penimbangan balita, imunisasi, pemberian vitamin kepada anak serta pemeriksaan ibu-ibu hamil, kegiatan Posyandu juga dimanfaatkan untuk sosialisasi pencegahan penyebaran COVID-19.

"Babinsa juga mengambil kesempatan untuk memberikan sosialisasi pencegahan COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan termasuk wajib isolasi bagi pendatang," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024