Minahasa Tenggara (ANTARA) - Tiga besar calon Sekretaris Daerah (Sekda) Minahasa Tenggara (Mitra) resmi diumumkan panitia seleksi (Pansel), setelah melewati proses verifikasi administrasi.
Dari delapan pejabat yang mendaftarkan diri, nama David Lalandos, Djelly Waruis, dan Piether Owu masuk dalam tiga besar untuk mengikuti tahapan selanjutnya yaitu asesmen dari Pansel.
David Lalandos yang saat ini menyandang status penjabat Sekda Mitra merupakan Alumnus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), yang merupakan praja angkatan kelima (Panglima). Pernah menduduki jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), dan Inspektur Kabupaten Mitra.
Sedangkan Piether Owu saat ini menjabat Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) juga merupakan purna praja angkatan ketiga (Pujangga) IPDN, salah satu pejabat yang malang-melintang di sejumlah posisi eselon dua di Pemkab Mitra. Tercatat sejumlah posisi yang pernah disinggahinya yaitu Kepala BKD, Disperindagkop, DPMD, Asisten Satu dan Tiga Sekdakab, dan Sekwan.
'Panglima' dan 'Pujangga' digunakan para alumni IPDN sebagai pengistilahan setiap angkatan dari sekolah yang menghasilkan para birokrat ini.
Diantara kedua pejabat ini, ada nama Djelly Waruis, yang merupakan 'Srikandi' yang  akan siap bersaing dalam suksesi calon Sekda Mitra ini. Waruis sendiri pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan, dan saat ini dipercayakan menjadi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Mitra.
Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mitra Marie Makalow mengatakan, tahapan selanjutnya yaitu Asesmen bakal menguji kompetensi dasar para calon Sekda tersebut.
"Ini untuk menggali kemampuan mereka. Untuk pelaksanaan tes akan dilaksanakan Rabu pekan ini," katanya.
Selanjutnya ketiga calon tersebut akan mengikuti tes selanjutnya yakni penyusunan makalah dan wawancara.***2***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024