Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, mengeluarkan maklumat untuk waktu operasional ritel di Manado, yakni buka pukul 09.00 Wita dan tutup 21.00 Wita.   

"Sesuai dengan hasil rapat lewat video conference (Vicon) dengan perwakilan ritel di Manado, Pemkot sepakat memberlakukan maklumat itu mulai 14 Mei," kata Wali Kota Manado, Dr. Vicky Lumentut, di Manado. 

Dia mengatakan, maklumat itu diterbitkan, setelah mendengar beberapa opsi yang diusulkan oleh perwakilan ritel yang ikut dalam rapat Vicon tersebut.   

"Setelah mendengar beberapa opsi yang diusulkan, saya memutuskan untuk jam operasional usaha retail di Kota Manado mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 21.00 Wita (jam 9 malam)," katanya. Para peserta rapat Vicon dengan Wali kota (Ist/antara) (1)
Dia mengatakan, ritel yang sepakat menerima keputusan tersebut, adalah fresh mart, galaxy mart, multimart, smart store, golden swalayan, transmart, lotte mart, alfamart, indomaret, paniki jaya, fiesta ria, alfamidi, jumbo swalayan, indogrosir dan hypermart.

Di sisi lain, dia mengatakan, kebijakan tersebut diambil untuk mencegah terjadinya, pemutusan hubungan kerja (PHK) massal akibat penutupan usaha dan menjaga ekonomi tetap berjalan baik di Manado. 

Dengan demikian katanya, bisa mencegah tetap menopang keseimbangan perekonomian nasional, yang akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat Indonesia pada umumnya.   

Dia menambahkan jam operasional ini berlangsung sampai masa tanggap darurat COVID-19 pada 29 Mei nanti. 

Wali Kota mengatakan, jika nanti ada perkembangan, dan terjadi penambahan, maka para pengusaha ritel akan diundang membahas masalah itu kembali. 

Hadir dalam rapat Vicon tersebut, Asisten II Setda Kota Manado, Philips Sondakh, Kadis PM dan PTSP, Jimmy Rotinsulu, Kadis Disnaker Kota Manado, Donald Supit, Kaban Bapenda, Harke Tulenan, Inspektur Kota Manado, Atto Bulo, Kasatpol PP Kota Manado, Johanis Waworuntu, Jubir Gugus Tugas Covid-19, drg. Sanil Marentek, Kabag Pem-Humas Setda Kota Manado, Sonny Takumansang, juga dari DPD Aprindo Sulut, Ketua Andy Sumual, Wakil, Renaldo Tuwongkosong dan sekretaris, Robert Najoan serta bendahara, Rantung.***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024