Minahasa Tenggara (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Minahasa Tenggara Helni Ratuliu memastikan Alat Pelindung Diri (APD) bagi para tenaga medis mencukupi sampai akhir tahun, atau selama pandemi.

"Kami pastikan untuk ketersediaan APD sangat mencukupi untuk digunakan para tenaga medis selama pandemi. Apalagi ini ada bantuan dari sumbangan masyarakat untuk APD yang telah diterima bupati, dan langsung diserahkan ke dinas kesehatan" kata Helni di Ratahan.

Ia menjelaskan, APD yang disiapkan oleh Pemkab Minahasa Tenggara sebagian telah didistribusikan ke seluruh fasilitas kesehatan yang ada di daerah tersebut.

"Kami sudah bagikan ke Puskesmas maupun ke rumah sakit APD yang diperlukan selama pandemi ini," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk penggunaan APD dibagi dalam tiga level penanganan sehingga tidak semua harus digunakan pada tenaga medis.

"Untuk penggunaan APD lengkap, itu diberlakukan hanya pada penanganan pasien COVID-19. Makanya itu dibagi dalam tiga level penanganan untuk penggunaan APD," katanya.

Ia juga mengingatkan kepada para tenaga medis maupun penanggung jawab fasilitas agar segera melakukan permintaan ke pihak dinas jika kekurangan APD.

"Kalau ada yang kurang APD segera lakukan permintaan, karena semua mencukupi," pungkasnya.
 

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024