Tomohon (ANTARA) - Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC mengatakan pada Minggu Panggilan ini, kita diajak untuk mencontoh Yesus sebagai model pemimpin yang benar.

"Minggu ini kita diajak memberi perhatian kepada Yesus sebagai Gembala Yang Baik yang memberikan hidup, tetapi juga Dia menjaga jiwa-jiwa, memelihara jiwa-jiwa sampai akhir, hingga rela menyerahkan nyawaNya untuk keselamatan domba-dombaNya," kata Uskup Rolly Untu MSC dalam Misa Live Streaming Minggu Panggilan dari Kapel Seminari Agustinianum Tomohon, Minggu. 

Mgr Rolly mengajak umat untuk melihat sosok pemimpin yang benar dimana Yesus semata-mata memperhatikan domba-dombaNya dan bukan hanya kepentingan diriNya sendiri, selain itu Dia memperhatikan domba-dombaNya satu per satu.

"Akulah pintu: Barang siapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput," kata Uskup Rolly menyebut kutipan Injil Yohanes 10:9.

Dia adalah gembala yang mempunyai hati pada domba-dombaNya, sebagai pintu yang mengantar pada keselamatan, dan mengantar ke padang rumput, Yesus menawarkan kepenuhan hidup, hidup dalam kelimpahan. "Aku datang supaya mereka mempunyai hidup dan mempunyainya dalam kelimpahan," kata Uskup Rolly mengutip ayat dalam Injil Yohanes.

Untuk itu, kata Uskup Rolly,  kita harus mengenal domba-domba yang ada di sekitar kita. Dan ini hanya bisa terjadi bila hidup kita didasari cinta besar kepada orang lain.

Hari minggu panggilan ini juga kita  bukan hanya berdoa bagi imam, biarawan biarawati tetapi mengajak kita menjadi gembala yang satu kepada yang lain, sebagai bapak keluarga, ibu, dalam komunitas, kita menjadi gembala yang satu kepada yang lain dengan memperhatikan mereka.

Uskup berharap, di masa pandemik COVID-19 ini,   motivasi iman kita tetap dikuatkan, di dalam gerakan bersama untuk  menjaga diri satu kepada yang lain dan selanjutnya  berharap saling menuntun didalam perjalanan hidup kita dengan menjadikan  Yesus sebagai model, sebagai gembala yang baik. 

Berbahagilah yang tidak melihat namun percaya.  Tuhan sudah bangkit dan kita adalah bagian dari komunitas beriman yang percaya akan hal ini, kita yakin dan percaya Tuhan tetap  menyertai kita.



 

Pewarta : Guido Merung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024