Manado (ANTARA) - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Utara, dr Steaven Dandel mengatakan kapasitas tenaga kesehatan di daerah ini terus ditingkatkan terkait Corona Virus.

"Gugus tugas bekerja sama dengan organisasi profesi dan juga Rumah Sakit Prof Kandou melaksanakan kegiatan pelatihan penanganan COVID-19 bagi seluruh petugas kesehatan melalui sistem online," ujar dr Steaven Dandel di Manado, Rabu.

Peserta yang ikut dalam pelatihan ini jumlahnya sebanyak 1.000 orang dan akan dilanjutkan lagi pada Kamis (30/4) karena cukup banyak peminatnya.

"Peserta yang ikut pelatihan ini adalah tenaga dokter, perawat maupun tenaga medis lainnya," katanya.

Kegiatan pelatihan ini memiliki tujuan utama meningkatkan kapasitas tenaga medis dalam pengendalian COVID-19 di fasilitas kesehatan.

"Harapannya mereka memiliki satu persepsi, satu arahan satu tujuan mempercepat penurunan kasus-kasus COVID-19 di Sulut," ujarnya. 

Beberapa pakar yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini, ujar dr Steaven adalah tenaga-tenaga klinis seperti dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis anak, dokter spesialis anestesi dokter, spesialis radiologi, sampai dokter spesialis patologi klinik.

"Mereka ingin memberikan pemahaman kepada teman-teman yang ada di garda terdepan seperti dokter, perawat dan tenaga medis lainnya sehingga lebih siap lagi dalam rangka pencegahan dan pengendalian COVID-19 ini," ujarnya.

dr Steaven optimistis, melalui pelatihan ini kapasitas tenaga kesehatan dalam merawat dan memenej kasus-kasus COVID-19 di Provinsi Sulut semakin mumpuni.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024