Manado (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi (Lanudsri) menggelar bakti sosial donor darah dalam memperingati HUT Ke-74 TNI Angkatan Udara di Manado, Kamis.

Kegiatan yang dilaksanakan di Mako Lanudsri Manado tersebut, juga diikuti Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandou yang juga merupakan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulut.

Komandan Lanudsri Kolonel Pnb Johnny Sumaryana mengatakan kegiatan donor darah ini selain dalam rangkaian HUT ke-74 TNI Angkatan Udara, juga bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan stok darah bagi PMI Sulut selama penanganan pandemi COVID-19.

"Menyadari tidak ada yang lebih dapat kami berikan, namun dengan penuh keikhlasan semoga darah yang disumbangkan dapat membantu saudara-saudara yang membutuhkannya," kata Sumaryana.

Sumaryana memberi apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Wagub yang sudah meluangkan waktu sehingga dapat ikut di sela-sela kesibukannya.

Juga kepada personel Lanud Sam Ratulangi yang sangat antusias menyumbangkan darahnya.

"Dalam kegiatan ini peserta donor darah wajib mengikuti protokol kesehatan dalam mencegah COVID-19 yaitu physical distancing atau jaga jarak, wajib memakai masker serta mencuci tangan disetiap selesai melakukan kegiatan," katanya.

Wakil Gubernur Steven Kandouw yang juga Ketua PMI Sulut mengatakan dengan adanya pandemi COVID-19 ini memberi dampak kepada para pendonor, sehingga berdampak pada cadangan stok darah seluruh PMI menurun.

"Seperti gayung bersambut, dengan diadakannya donor darah ini sangat membantu keberadaan PMI di Sulut saat ini," katanya.

Ia menambahkan selaku Ketua PMI Sulut mewakili seluruh pengurus PMI di daerah itu, mengucapkan terima kasih yang setinggi tingginya kepada TNI AU lebih khusus Lanudsri atas kegiatan kemanusiaan yang sudah dilaksanakan ini.

"Selamat HUT TNI Angkatan Udara ke-74 semoga semakin unggul, Tentara Langit Pasti Jaya," katanya.

Selain Wagub Steven Kandou donor darah itu juga antara lain diikuti Danlanudsri Kolonel Pnb Johny Sumaryana, pimpinan Pia Ardhya Garini Cab 9/D II Lanudsri, prajurit dan terkumpul 37 kantong darah.
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024