Minahasa Tenggara (ANTARA) - Bupati Minahasa tenggara James Sumendap menginstruksikan gugus tugas pengendalian penyebaran virus COVID-19 di daerah tersebut, melakukan penataan pos pemeriksaan kesehatan di perbatasan. 

"Kita mengutamakan pelayanan, meski posko ini untuk pencegahan pengamanan Covid-19, namun ada baiknya ditata agar terlihat rapih dan tak semrawut," kata James saat meninjau pos perbatasan antara Minahasa Tenggara dan Minahasa di Gunung Potong, Jumat.

Dia juga memerintahkan untuk proses pemeriksaan kesehatan wajib melakukan protokol kesehatan, khususnya menjaga jarak di antara petugas medis, maupun warga pelaku perjalanan.

Selain itu dia juga memerintahkan untuk menambah pos pemeriksaan kesehatan, dengan memanfaatkan tiga kios kuliner yang belum digunakan.

"Jadi nantinya, akan ada 3 posko untuk pelayanan pemeriksaan bagi para pelaku perjalanan. Disitu akan dipisah, untuk warga Mitra pakai posko sendiri, bagitu pula dengan pelaku perjalanan dari wilayah luar Mitra, dan ada yang khusus Minahasa," jelasnya. 

Ia mengatakan juga, setiap posko sebelum melakukan pemeriksaan harus menyediakan tempat cuci tangan. 

"Nanti juga, akan ditambah tempat berteduh bagi para pengguna jalan yang mengantri untuk melakukan pendataan dan pengambilan suhu badan," tandasnya.
 

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024