Talaud (ANTARA) - Anggota Komisi I DPR-RI daerah pemilihan (dapil) Sulut, Hillary Brigitta Lasut,  menyerahkan bantuan bilik disinfektan asap, hand sanitizer, rappid test dan alat pelindung diri (APD) untuk Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud, Senin (6/4).

Penyerahan yang dilakukan secara simbolis di lobi Kantor Bupati Talaud diterima Direktur Utama RSUD Talaud, dr. Susanti Esing.

"Rappid test, APD dan bilik disinfektan cukup sulit didapat saat ini, karena itu membantu  menghadirkannya untuk di Talaud, agar para pekerja medis dan pasien dapat menggunakannya sesuai kebutuhan," kata Brigitta.

Dia mengatakan  penggunaannya dapat melihat anjuran pemerintah, agar tidak mengenai muka dan membahayakan pengguna. "Kami menyerahkan bantuan ini agar dapat membantu tenaga medis dan dapat mengurangi resiko penularan Covid-19 di Talaud,"kata  Brigitta. Hillary Brigitta Lasut, saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Dirut RSUD Talaud (1)
Khusus untuk hand sanitizer, sambung dia, berstandar WHO dan sudah teruji. Dalam waktu dekat juga dipastikannya APD berstandar WHO juga akan tiba di Talaud dan sudah bisa digunakan.

"Keuntungan menggunakan bilik disinfektan asap, sesuai anjuran WHO lebih dianjurkan dibanding cairan. Karena cairan jika mengenai kulit dan terhirup dalam saluran pernapasan, maka bisa membahayakan diri manusia,"ujar Brigitta.

Menurut dia, langkah ini harus dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Talaud. Sekecil apapun kesempatan atau cara menghadang virus, kata dia, harus dilakukan agar masyarakat Talaud tidak terinfeksi.

"Saya berharap dengan adanya bantuan ini, Talaud bebas dari Covid-19,"tuntas Brigitta.
 

Pewarta : Hendry Mangindudu
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024