Tomohon (ANTARA) - Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) mengalokasikan anggaran sebesar Rp19,2 miliar untuk membantu penanganan penyebaran COVID-19.

"Dana sebesar itu akan dialokasikan untuk bidang kesehatan, bantuan pangan serta penanganan oleh instansi terkait," sebut Sekretaris Daerah Kota Tomohon Harold V Lolowang di Tomohon, Kamis.

Lolowang merinci, anggaran yang disiapkan untuk bidang kesehatan diperkirakan sebesar Rp5,99 miliar, serta bantuan pangan bagi pekerja tidak tetap terdampak COVID-19 sebesar Rp11,3 miliar.

Selanjutnya, anggaran yang dialokasikan untuk penanganan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta instansi terkait lainnya sebesar Rp1,9 miliar.

Dia menjelaskan, khusus bantuan bagi pekerja bukan penerima upah bulanan sementara dikoordinasikan dan disusun kriterianya oleh keasistenan bidang ekonomi.

Sementara dinas sosial, sebut dia, sementara melakukan pendataan di setiap kelurahan.

Beberapa persyaratan warga yang berhak menerima bantuan ini yaitu warga Kota Tomohon yang dibuktikan dengan KTP dan kartu keluarga.

Selanjutnya, memiliki mata pencarian tunggal sebagai pekerja bukan penerima upah bulanan dan tidak sebagai pensiunan ASN, karyawan, dan lainnya.

Persyaratan lainnya, penerima bantuan tidak menerima PKH dan penerima sembako.

"Direncanakan akhir minggu depan sudah dapat direalisasikan, sementara bantuan yang diberikan berupa natura," sebutnya.***3***

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024