Sulut, Tahuna (ANTARA) - Kodim 1301 Sangihe Sulawesi Utara memulai pekerjaan perintisan jalan menuju Bandara di kepulauan Siau Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Perintisan jalan yang dikerjakan melalui Operasi Teritorial (Opster) TNI Tahun Anggaran 2020 di wilayah Kodim 1301/Sangihe dibuka pada Rabu, 1 April 2020 di Lapangan Kelurahan Akesimbeka Kecamatan Siau Timur Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Komandan Kodim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto, pada kesempatan itu menandatangani berita acara penyerahan kegiatan Operasi Teritorial TNI TA. 2020 di Wilayah Kodim 1301/Sangihe yang di serahkan oleh Bupati Kepulauan Sitaro di wakili Herry Bogar selaku Sekertaris Daerah.

Dandim mengatakan, kegiatan Opster dilaksanakan guna memelihara dan mempererat sinergitas antara TNI dan masyarakat lebih khususnya Kodim 1301/ Sangihe dengan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Kegiatan operasional teritorial dengan kegiatan perintisan Jalan sepanjang 846 meter dan lebar 10 meter di Desa Balirangen Kecamatan Siau Timur Selatan.

Pembangunan jalan ini kata Dandim sangat penting sebab menjadi jalan alternatif menuju bandara di Pulau Siau.

Selain itu kata Dandim, kegiatan Opster ini juga akan memperbaiki 18 unit rumah tidak layak huni (RTLH) serta empat gedung ibadah.

Sekalipun dihadapkan dengan situasi dan kondisi merebaknya wabah virus corona, tugas dan tanggung jawab dalam pelaksanaan Operasi Teritorial (Opster) akan tetap dilaksanakan.

Bupati Kepulauan Sitaro diwakili Sekretaris Daerah Herry Bogar menyampaikan dukungan terhadap pelaksanaan Opster dengan mengalokasikan sejumlah anggaran.

"Pemerintah Kepulauan Sitaro telah menyiapkan anggaran untuk kegiatan Operasi Teritorial Kodim Sangihe ini, " kata Herry Bogar.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024