Manado (ANTARA) - Uskup Manado, Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC akan mempersembahkan misa bagi Umat Katolik di Keuskupan Manado pada Minggu (29/3) tanpa kehadiran umat, dan ditayangkan langsung melalui TVRI Manado pada Pukul 09.00 Wita. 

"Ini berdasarkan info dari Sekretariat Keuskupan Manado," kata Pastor Paroki Bunda Hati Kudus Yesus Rumengkor, Pastor Bastian Adhiwiyono Sa'pang MSC di Rumengkor, Jumat.

Pastor Bastian mengatakan, sekretariat keuskupan meminta umat dapat menyaksikan untuk kemudian ikut serta dalam  misa tersebut dengan khidmat.

Guna mencegah penyebaran virus COVID-19, maka Uskup Manado pekan lalu mengeluarkan surat gembala yang sekaligus menjadi imbauan kepada umat katolik untuk beribadah dari rumah masing-masing. Dan kemudian Komsos Keuskupan Manado melaksanakan misa live streaming serta siaran langsung melalui Radio Montini.

Kepala Stasiun TVRI Manado Dra Meggy Theresia Rares MSi mengatakan sebagai media pemersatu bangsa, maka TVRI berkewajiban untuk membantu masyarakat untuk menjalankan ibadahnya dengan baik. Karena itu, kami tawarkan bukan hanya kepada Gereja Katolik, tetapi juga kepada seluruh agama yang ada di Sulut.

 "Ini tanpa biaya apapun semuanya dari TVRI, jadi free," kata Meggy.

Untuk di Indonesia, kata Meggy, TVRI Manado adalah yang kedua merencanakan siaran langsung misa, setelah Keuskupan Agung Jakarta melalui TVRI nasional.

Pelaksanaan misa ini, kata Meggy akan terus dilakukan selama masa social dan psyical distancing akibat penyebaran virus COVID-19.

"TVRI akan mengupayakan misa live pada Tri Hari Suci," katanya




 

Pewarta : Guido Merung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024