Manado (ANTARA) - Wali Kota Manado, dr. Vicky Lumentut menegaskan, bahwa semua pasar tradisional di Manado tetap akan beroperasi seperti sedia kala, tidak ada penutupan baik operasional maupun pembatasan lainnya.

Wali Kota Vicky, menegaskan hal tersebut, untuk menenangkan warga yang mulai khawatir karena beredarnya informasi yang tidak jelas sumbernya, yang mengatakan bahwa semua pasar tradisional dan jalan-jalan di Kota Manado akan ditutup. 

"Pasar maupun jalan-jalan di Kota Manado tetap buka dan tidak ada yang akan ditutup, jangan percaya isu-isu yang menyesatkan itu semuanya hoaks," tegas Vicky. 

Dia mengatakan, justru saat ini demi menjaga stabilitas stok pangan di pasar, pemerintah tidak akan menutup pasar, karena masyarakat masih memerlukan bahan pangan yang akan digunakan untuk kebutuhan setiap hari. 

Justru menurutnya, pemerintah akan menyediakan tempat cuci tangan di pasar - pasar tradisional, sehingga warga yang datang berbelanja maupun berdagang bisa menggunakan fasilitas tersebut untuk membersihkan tangan usai beraktivitas di pasar. 

"Dengan demikian diharapkan bisa membantu mencegah penyebaran virus corona yang kemungkinan menempel di uang atau benda lainnya yang dipegang atau disentuh orang yang belum jelas apakah sehat atau tidak," katanya. 

Dengan mencuci tangan di tempat-tempat yang akan disediakan pemerintah katanya, akan membuat orang lebih terjamin, karena tangan bersih saat menyentuh wajah, mulut dan hidung.   

Sementara direktur utama PD Pasar, Stenly Suwu, mengatakan, sampai saat ini aktivitas di pasar tradisional  masih berjalan normal, dan dipastikan akan tetap seperti itu, sebab tetap ada masyarakat yang melakukan kegiatan berdagang maupun berbelanja. 

"Pedagang dan masyarakat umumnya tidak usah kuatir, pasar tetap buka jadi yang mau berbelanja silahkan datang, tetapi tidak perlu banyak orang, cukup yang berbelanja saja," katanya. 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024