Manado (ANTARA) - Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC mengimbau para pastor dan umat Katolik di Keuskupan Manado meliputi wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah untuk sementara tidak melaksanakan misa mulai, MInggu (22/3) besok hingga tanggal 4 April 2020 menghindari penyebaran Covid-19.

"Menyimak perkembangan penyebaran Covid-19 yang semakin meluas, dan memerhatikan protokol pemerintah pusat dan daerah, dengan ini disampaikan imbauan yakni terhitung mulai hari Minggu tanggal 22 Maret 2020 sampai Sabtu tanggal 4 April 2020, semua kegiatan yang mengumpulkan umat yakni perayaan ekaristi, jalan salib, ibadat sabda, pengakuan dosa, latihan koor dan latihan-latihan lainnya, ditiadakan," kata Uskup Mgr Rolly Untu dalam surat imbauan yang ditujukan kepada para pastor, suster, frater, bruder dan umat Katolik Keuskupan Manado, Sabtu.

Uskup mengimbau umat melaksanakan, mengembangkan kehidupan iman sambil membangun "ecclesia domestica" (gereja rumah tangga). Umat tetap beribadah di rumah sebagai satu keluarga sambil memergunakan tuntunan-tuntunan tertulis yang dibuat oleh  para pastor di tingkat paroki ataupun komisi di tingkat keuskupan, juga sambil mengikuti perayaan-perayaan yang disiarkan secara online atau livestreaming oleh lembaga-lembaga yang dapat dipercaya.

"Para  imam tetap merayakan ekaristi secara pribadi untuk kepentingan seluruh umat beriman, baik  misa harian pun misa hari minggu dan hari raya," kata Uskup.

Uskup berharap  dalam situasi yang tidak menentu ini, Umat Katolik menjaga iman tetap kuat, harapan tetap teguh dan cinta kasih tetap subur.

Pewarta : Guido Merung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024