Sitaro (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) telah mengumumkan nama-nama calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang  lolos tes wawancara sejak Minggu (15/03) kemarin. Selanjutnya KPU Kabupaten Sitaro membuka tahapan penerimaan tanggapan masyarakat mengenai pengumuman tersebut.

Kepala Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Arther Nus Tamaka, SIP, M.Si mengatakan  dalam rangka menjalankan tahapan, perekrutan PPS Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) tahun 2020, KPU Kabupaten Sitaro membuka tahapan penerimaan tanggapan masyarakat hingga 17 Maret 2020. Ia berharap masyarakat dapat maksimal memberikan tanggapannya.

"Setelah kita umumkan nama-nama yang lolos dari tahapan tes tulis, saat ini kita menunggu tanggapan dari masyarakat, barangkali ada informasi atau aduan tentang profil calon anggota PPS yang telah kita loloskan nama-namanya," tutur  Tamaka, Selasa.

Dari 93 kelurahan/desa yang ada di Sitaro, ada satu kelurahan dan satu desa yang peserta PPS-nya belum memenuhi kuota, hal ini disebabkan peserta tidak datang dalam tes wawancara sehingga secara otomatis peserta yang bersangkutan gugur  dan satu  kampung yang pesertanya merupakan  pengurus partai politik. 

" Pihak KPU sudah berkoordinasi dengan  lembaga pendidikan  di kampung dan kelurahan untuk dapat merekomendasikan nama-nama yang berkompeten untuk mengisi kuota di dua tempat ini dan nantinya sesegera mungkin dilakukan tes, dalam beberapa hari ini" ungkapnya.

Tamaka menjelaskan untuk tahapan pelantikan akan dilaksanakan tanggal 22 Maret di tiga  wilayah, yakni wilayah Siau, Tagulandang dan Biaro.

Berdasarkan data yang ada, calon PPS yang ada di kabupaten Sitaro dari 93 Kampung dan Kelurahan berjumlah 277 orang.


Pewarta : Miranti Sahambangung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024