Manado (ANTARA) - Sebanyak 14.634 siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Provinsi Sulawesi Utara mengikuti Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK) yang dimulai, Senin.

"Para peserta UNBK  tersebar di 194 sekolah yang terdiri dari 90 sekolah negeri dan 104 sekolah swasta," kata Wakil Gubernur Steven Kandouw di Manado, Senin.

Pemerintah provinsi tetap menerapkan prosedur pencegahan pandemi COVID-19 atau virus corona untuk menyukseskan pelaksanaan UNBK tersebut.

Sebelum mengikuti ujian, para siswa dicek suhu badannya menggunakan "thermal gun" selanjutnya "hand sanitizer".

Wagub Kandouw berharap kepala daerah serta serta dinas pendidikan di kabupaten dan kota mendukung pelaksanaan ujian sehingga berlangsung sukses.

“Pelaksanaan UNBK tingkat SMK ini harus berjalan baik, lancar dan sukses. Jadi kebijakan Pak Gubernur walaupun sekolah diliburkan tapi ujian nasional harus jalan terus sambil kita menerapkan prosedur pencegahan COVID-19,” ujar Kandouw.

Wagub Kandouw didampingi Sekdaprov Edwin Silangen secara resmi membuka pelaksanan UNBK tingkat SMK se-Sulut melalui video conference di SMK Negeri 1 Manado.

Pada kesempatan itu, Kandouw mengecek pelaksanaan UNBK di kabupaten dan kota di Sulut dengan melakukan video conference dengan para bupati dan wali kota.

Pembukaan UNBK turut dihadiri Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Wakil Ketua TP PKK Sulut Kartika Devi Kandouw-Tanos dan Kadis Dikda Sulut Grace Punuh.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024