Manado (ANTARA) - KPU Manado, mengumumkan nama-nama angota PPS yang dinyatakan lolos tes wawancara yang dilakukan selama dua hari pada pekan lalu. 

"Semua nama yang kami umumkan, lewat website KPU, KPU-MANADOKOTA-GO.ID dan ditempelkan di kantor sekretariat KPU Manado,  itu disampaikan kepada masyarakat supaya diketahui dan diharapkan ada masukan atau tanggapan tentang yang dinyatakan lolos itu," kata Komisioner KPU Manado, Ismail Harun, SH, di Manado. 

Dia mengatakan, KPU mengumumkan 402 nama-nama PPS yang lolos tes wawancara, untuk memberikan waktu kepada masyarakat memberikan tanggapan selama tanggal 15-17 Maret. 

"Jika memang ada yang bermasalah, maka bisa digantikan, tentu kami mengikuti semua ketentuan yang berlaku, sesuai dengan PKPU yang merupakan juknis kami dalam bekerja," kata Harun. 

Di sisi lain dia mengatakan, masyarakat bisa mengirimkan tanggapan tentang para calon anggota PPS itu secara tertulis dengan menyertakan KTP-el lengkap dan bukti yang akurat. 

"Namun jika mau anggota yang ada mau memberikan tanggapan secara online, disilahkan memasukannya di email, kota_manado@kpu.go.id paling lambat pada 17 Maret 2020, masih ada waktu," katanya. 

Di sisi lain, Harun mengakui memang sampai saat ini berdasarkan tes yang dilakukan, masih ada kekurangan di sejumlah wilayah yang terbatas jumlah PPS, namun KPU Manado sudah melakukan langkah antisipasi. 

"Kami sudah menyurati lembaga pendidikan, termasuk sampai ke pratisi pemilu, untuk merekomendasikan siapa saja yang bisa menjadi PPS untuk menyukseskan pelaksaan pemilihan wali kota, wakil wali kota Manado, gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara," katanya. 

Namun katanya, jikapun cara itu tak bisa dilakukan, maka pihaknya akan membolehkan calon dari kelurahan terdekat untuk menjadi penyelenggara di wilayah yang kurang itu. ***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024