Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara  Olly Dondokambey mengajak masyarakat di daerah setempat menerapkan pola perilaku hidup sehat untuk mencegah penularan virus corona.

"Pemerintah Provinsi Sulut selalu berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait hal ini. Pemerintah akan selalu ada dan bersama-sama dengan masyarakat," ucap
Gubernur Olly didampingi Wakil Gubernur Steven Kandouw di Manado, Minggu.

Gubernur Olly berharap segenap pemangku kepentingan, baik tokoh agama, tokoh masyarakat dan segenap elemen warga bersatu hati berdoa, memohon dan meminta perlindungan Tuhan untuk menjaga dan melindungi warga Sulut dan Indonesia terhindar virus corona.
  Konferensi pers digelar Pemerintah Provinsi Sulut mengantisipasi penyebaran Covid-19 pascasatu warga yang diisolasi di RSUP Kandou dinyatakan positif Corona. (1)

"Mari kita segenap masyarakat Sulut di manapun berada, kita bersatu hati berdoa memohon kepada Tuhan untuk melindungi dan meluputkan kita dari wabah virus corona yang sedang melanda dunia. Kita yakin dengan iman percaya, doa kita menjadi kekuatan untuk menjalani kehidupan di tengah-tengah situasi dan kondisi saat ini," ajak Gubernur.

Gubernur selanjutnya menyerukan kepada seluruh masyarakat Sulut agar tidak panik dan tetap tenang dengan berbagai pemberitaan saat ini namun tetap waspada dengan situasi.

"Masyarakat harus tetap tentang, tidak panik dan tidak langsung terprovokasi dengan pemberitaan. Harus dicek apakah benar atau hoax. Selain itu masyarakat harus menerapkan pola hidup sehat menjaga imun tubuh, konsumsi makanan bergizi sayuran dan buah-buahan," imbuh Gubernur Olly.
  Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven OE Kandouw (1)
Selain itu, Gubernur juga menyarankan agar masyarakat mulai menghindari keramaian yang berpotensi menyebabkan terkena virus tersebut.

"Keramaian atau kegiatan yang tidak perlu supaya dikurangi dulu sembari menjaga pola hidup sehat di rumah dan lingkungan sekitar," tambah Gubernur.

Masyarakat, sebut Gubernur, diharapkan tidak cemas berlebihan tetapi harus waspada dan mejadikan situasi ini sebagai momentum memulai pola hidup sehat sebagai gaya hidup sehari-hari.

Lebih lanjut, Gubernur manyampaikan jika ada isu-isu yang beredar terkait ada warga Sulut yang suspect Corona, jangan langsung terprovokasi dan menyebarkan karena jika ada perkembangan terbaru, pasti disampaikan secara resmi oleh pemerintah melalui instansi terkait yakni Dinas Kesehatan.
Mengenai fasilitas kesehatan Pemda juga terus berkoordinasi agar pihak Rumah Sakit tetap siaga dan menyiapkan fasilitas terbaik.

"Jadi sekali lagi saya imbau kepada rakyatku, mari torang (kita) bersatu hati berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, jaga kebersihan dan rajin berolahraga serta jadikan pola hidup sehat sebagai gaya hidup, tidak terprovokasi berita hoax dan kurangi keberadaan dan kegiatan di lokasi keramaian. Niscaya Tuhan selalu beserta kita," ujarnya.***adv***

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024