Manado (ANTARA) - Menandai pencanangan program Marine Debris Ranger(MDR) dan sebagai wujud kepedulian pada kebersihan perairan Indonesia, KFC Indonesia bersama DCA melakukan kegiatan membersihkan pesisir Bunaken serta bawah laut. Selain itu juga mengadakan pelatihan tentang pengurangan dan pengelolaan sampah plastik kepada masyarakat sekitar bersama puluhan anak muda termasuk relawan komunitas 1000 Guru dan karyawan KFC setempat.

"Ini Sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan dan memajukan pendidikan bangsa, PT Fast Food Tbk (KFC Indonesia) menginisiasikan kampanye ‘KFC Untuk Negeri’ yakni program sosial dedikasi KFC untuk terus berkontribusi pada negeri serta melakukan perubahan positif berkelanjutan yang menginspirasi generasi muda dan seluruh masyarakat Indonesia. Sebagai bagian dari kampanye tersebut, KFC Indonesia bersama dengan komunitas Divers Clean Action mencanangkan program Marine Debris Ranger, dan bersama 1000 Guru meresmikan Smart Center Project pertama di Sulawesi Utara," kata General Manager Marketing PT Fast Food Tbk Hendra Yuniarto. Kegiatan pembersihan, penghitungan dan pemilahan sampah di Pulau Bunaken yang dilakukan oleh ranger Divers Clean Action dibantu oleh anggota komunitas 1000 Guru dan karyawan KFC Manado. (1)
November 2019 lalu, kata Hendra untuk pertama kalinya KFC Indonesia meluncurkan apparel dan merchandise bekerja sama dengan perancang muda Indonesia Evil Fact, Never Too Lavish, Argyle Oxford, dan Sandalboyz. Dana yang terkumpul dari penjualan apparel dan merchandise, serta hasil lelang sneakers kami serahkan kepada Divers Clean Action, sebuah yayasan yang menjadi mitra KFC Indonesia dalam program pelestarian lingkungan, untuk pengelolaan program peduli lingkungan bertajuk Marine Debris Rangers. 

Program ini merupakan program edukasi masyarakat pesisir mengenai pengelolaan sampah dan pelestarian lingkungan. Dan selama periode Januari – Maret 2020 KFC mengundang partisipasi konsumen mendonasikan uang kembalian untuk program Marine Debris Ranger. (Ki-Ka) Swietenia Puspa Lestari (Penggagas Divers Clean Action), Hendra Yuniarto (General Manager Marketing PT Fast Food Indonesia) dan Jemi Ngadiono (Penggagas Yayasan 1000 Guru) berkolaborasi dalam kampanye KFC Untuk Negeri (1)
Swietenia Puspa Lestari, Penggagas Divers Clean Action menjelaskan tentang Marine Debris Ranger (MDR) merupakan kegiatan yang berfokus pada pelestarian lingkungan dimana para ranger Divers Clean Action setempat akan melakukan serangkaian program edukasi kepada masyarakat dalam mengurangi produksi sampah dan pengelolaannya, serta menekankan pentingnya menjaga lingkungan yang merupakan tanggung jawab bersama. 

Manado merupakan wilayah MDR pertama yang kami jalankan, dan dari target dana yang terkumpul kami berharap bisa membina 9 wilayah lain yaitu Kupang, Makassar, Kepulauan Seribu, Palembang, Palu, Surabaya, Lampung Selatan, Semarang, dan Medan. Kegiatan akan meliputi edukasi di sekolah-sekolah, edukasi kepada warga setempat dari rumah ke rumah, pelatihan pengelolaan sampah, kegiatan membersihkan pantai dan pengumpulan data sampah, serta didukung dengan medium-medium edukasi lainnya seperti poster edukasi pelestarian lingkungan. Hendra Yuniarto (General Manager Marketing PT Fast Food Indonesia), Swietenia Puspa Lestari (Penggagas Divers Clean Action), dan rangers DCA asal Sulawesi Utara secara simbolis memberikan tempat pemilahan sampah kepada Kepala Sekolah SD Inpres Bunaken, Sulawesi Utara. (1)
Sementara itu, Smart Center Project yang sudah berjalan selama empat tahun ini merupakan hasil kerjasama KFC Indonesia dengan Yayasan 1000 Guru yang digagas oleh Jemi Ngadiono yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Air melalui pemberian makan pagi bagi anak-anak, dan juga pelajaran tambahan membaca. Smart Center juga melakukan edukasi pentingnya makan pagi sebelum anak-anak sekolah kepada orang tua dan komunitas sekitar sekolah melalui pelatihan memasak. Saat ini sudah terdapat 45 Smart Center Project dan telah menjangkau lebih dari 5700 anak yang tersebar di berbagai wilayah pedalaman di Indonesia. Dan SDN Inpress Bunaken merupakan Smart Center pertama di Sulawesi Utara. 

Wilayah Smart Center Project KFC Indonesia lainnya meliputi Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sumba Barat, Sumba Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Yogyakarta dan Papua.

"KFC Untuk Negeri merupakan kampanye yang diusung oleh KFC untuk kegiatan sosial perusahaan. Melalui KFC Untuk Negeri KFC Indonesia ingin mengajak para generasi muda untuk terus peduli dalam mengedepankan pendidikan demi memajukan bangsa, dan selalu ingin berbuat kebaikan termasuk menjaga kelestarian lingkungan. KFC mengimplikasikan kampanye ini selain kepada anak muda dan konsumen, juga kepada karyawan kami. Pada perjalanan ke Manado kali ini KFC mengajak karyawan dari wilayah sekitar untuk turut terlibat dalam kegiatan sosial bersama 1000 Guru dan DCA," tutur Hendra.
  Hendra Yuniarto (General Manager Marketing PT Fast Food Indonesia), Swietenia Puspa Lestari (Penggagas Divers Clean Action), dan rangers DCA asal Sulawesi Utara secara simbolis memberikan tempat pemilahan sampah kepada Kepala Sekolah SD Inpres Bunaken, Sulawesi Utara. (1)
Selain Smart Center Project sebagai bentuk komitmen perusahaan terhadap pendidikan anak-anak pedalaman, Marine Debris
Ranger juga turut mendukung program gerakan tanpa sedotan plastik atau No Straw Movement yang telah diterapkan sejak
Mei 2017, gerakan Budaya Beberes, dan gerakan tanpa kantong plastik yang dimulai di wilayah Bali dan Banjarmasin pada
Juli 2019 lalu. Saat ini 47 gerai KFC sudah tidak menggunakan kantong plastik untuk take-away di wilayah Bali, Samarinda,
Banjarmasin, Banjarbaru, Jambi, beberapa wilayah Jakarta, dan Tangerang Selatan.

Tentang PT Fast Food Indonesia

P.T. Fast Food Indonesia, Tbk. adalah sebuah perseroan yang didirikan pada tahun 1978 dan pemegang hak ekslusif usaha waralaba
restoran KFC di Indonesia. Restoran pertama KFC berdiri pada tahun 1979 di Jakarta. Produk unggulan perseroan adalah Original Recipe
(kini disempurnakan menjadi New Improved Original Recipe) dan Hot Crispy Chicken yang tetap merupakan ayam goreng paling digemari
dalam berbagai survei konsumen di Indonesia. Dalam perjalanannya, KFC terus menambah koleksi menu-menu andalannya.
Selama 40 tahun berkiprah di industri restoran cepat saji Indonesia, saat ini KFC memiliki 700 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia dengan mempekerjakan lebih dari 16.000 karyawan.

Sebagai restoran berslogan ‘Jagonya Ayam’, KFC selalu menggunakan daging ayam dengan kualitas unggul yang diambil dari tempat
pemotongan ayam yang selalu dijaga dan diawasi prosesnya, sehingga ayam yang dihasilkan pun lebih terjamin, higienis dan sehat. Semua bahan baku dan produk yang disajikan KFC, tidak hanya produk ayam, sudah mendapat sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan proses produksi para pemasok bahan KFC terus diawasi oleh pihak Quality Assurance KFC.

Tentang 1000 Guru 1000 Guru adalah gerakan inspirasi peduli pendidik dan pendidikan anak-anak pedalaman negeri yang digagas oleh Jemi Ngadiono pada 22 Agustus 2012. Saat ini 1000 Guru hadir di 35 kota di 30 provinsi di Indonesia. 1000 Guru terdiri dari relawan muda yang berasal dari latar belakang sosial dan profesi yang beragam namun memiliki kesamaan visi terhadap dunia pendidikan. Selama tahun 2014-2017 1000 Guru telah membagikan 45.000 tas sekolah, alat tulis dan penyuluhan kesehatan kepada 12.500 anak-anak di seluruh Indonesia. Sementara Smart Center Project telah menjangkau lebih dari 5.000 anak.

Tentang Divers Clean Action

Divers Clean Action adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat yang didirikan pada November 2015 oleh sekumpulan pemuda Indonesia yang memiliki fokus untuk mengatasi permasalahan lingkungan laut seperti sampah laut melaui pemetaan data publik dan analisisnya untuk mencapai visi yaitu CLEAN OCEAN, CLEAN FUTURE. Divers Clean Action didirikan oleh Swietenia Puspa Lestari selaku Founder, Nesha Ichida dan M. Adi Septiono selaku CoFounder. Kini beranggotakan 11 orang pemuda dari penjuru JaBoDeTaBekDung dengan lebih dari 1500 relawan.

Lembaga ini dibimbing dan diawasi oleh tim dari kalangan akademisi dari berbagai universitas dan praktisi selam profesional lintas lembaga. Berpusat di Jakarta Selatan dan memiliki lokasi pilot project di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. DCA telah melakukan pemetaan sampah bawah laut dan seputar pantai di beberapa titik selain Jakarta. Divers Clean Action memiliki target yaitu pada tahun 2020 dapat menghasilkan data hasil pemetaan dan proyeksinya pada minimal satu area pulau kecil di setiap provinsi Indonesia dan memberikan rekomendasi langkah yang dapat diterapkan dalam segi pariwisata atau teknologi dalam rangka menuju Indonesia #Bebassampah020

Pewarta : Guido Merung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024