Manado (ANTARA) - Inspektur Utama (Irtama) BKKBN Agus Sukiswo mengatakan badan keluarga berencana memiliki tanggung jawab untuk mendorong mewujudkan keluarga berkualitas dan pertumbuhan penduduk seimbang.

"Hal ini dalam rangka mendukung tercapainya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong. Kami yakin dengan komitmen kuat semua pihak, sasaran pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana dapat tercapai," kata Agus di Manado, Rabu.

Pada "Rakorda Program Banggakencana", Agus mengharapkan komitmen kuat para pemangku kepentingan bersinergi mencapai keluarga sejahtera.

Rakorda yang dilaksanakan di Manado ini, ujarnya adalah tindaklanjut rakornas "Banggakencana" yang telah diselenggarakan di Jakarta beberapa waktu lalu.

"Rakorda ini dilaksanakan untuk memastikan implementasi program di kabupaten dan kota. Sinergi program Banggakencana harus dilakukan dalam rangka mewujudkan Indoensia maju, sejahtera dan berkeadilan," katanya menambahkan.

Dia menambahkan, BKKBN juga telah menetapkan "Quick Wins" melalui Keputusan Kepala Nomor 14/KEP/B1/2020 tentang Quick Win BKKBN Tahun 2020 sebagai pelaksanaan ketentuan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2011 tentang Pedoman Pelaksanaan Quick Wins.

"Quick Wins" adalah suatu inisiatif yang mudah dan cepat dicapai yang mengawali suatu program besar dan sulit.

"Quick Wins" BKKBN tahun ini mencakup, penguatan rantai pasok alat dan obat kontrasepsi, penguatan sistem pelaporan, pencatatan dan data, restrukturisasi birokrasi, rebranding (sosialisasi) serta menciptakan zona integritas dan wilayah bebas korupsi, sebutnya.

 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024