Manado (ANTARA) - PLN Sulawesi Utara Sulawesi Tengah Gorontalo (Suluttenggo) terus membangun sinergitas dalam mendorong peningkatan investasi di daerah.

"Kali ini PLN Suluttenggo bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai, Sulteng  membangun sinergitas melalui acara bertajuk PLN Gelar Forum Investasi," kata General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Suluttenggo Christyono di Manado, Rabu.

Dia mengatakan PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Luwuk melaksanakan acara yang bertajuk Forum Investasi yang turut dihadiri oleh Pemerintah Kabupaten Banggai serta dalam acara tersebut pula diadakan penandatangan Nota Kesepahaman terkait Penyambungan Pelanggan Baru dengan total daya 12.000 KVA. 

"Sinergitas ini, diharapkan mampu menarik investasi masuk ke daerah," katanya.

Christyono menjelaskan bahwa PLN sebagai salah satu perusahaan yang memiliki misi sebagai pendorong kegiatan ekonomi di daerah perlu menjalin sinergi bersama seluruh pengusaha yang akan melakukan investasi dengan keperluan listrik yang jadi kebutuhan utama.

“Dalam rangka melakukan sinkronisasi antara kebutuhan listrik terutamanya dibidang industri atau kegiatan usaha bisnis PLN terus berupaya dalam perencanaannya untuk membangun, memperbaiki, dan melakukan improvement terhadap infrastruktur kelistrikan dalam upaya melayani kebutuhan para investor,” Ujar Christyono.

Christyono mengatakan bahwa banyak kejadian yang terjadi seperti para investor telah masuk ke suatu daerah akan tetapi infrastruktur kelistrikannya belum siap, dan sebaliknya PLN sudah siap untuk menyambut para investor dengan penyediaan tenaga listrik yang memadai namun investor yang tadinya sudah merencanakan untuk melakukan investasi mengurungkan niatnya dikarenakan faktor-faktor bisnis yang perlu pertimbangan lebih lanjut.

“Dengan adanya permintaan Daya yang begitu besar ini PLN akan berusaha memenuhinya dan diawali dengan adanya penandatangan MoU ini, Mou ini sebenarnya ingin menjelaskan bahwa PLN dan Investor harus berjalan beriringan dalam rangka sinkronisasi kesiapan kedua pihak oleh sebab itu kegiatan forum seperti ini perlu dilakukan untuk menjali sinergi tersebut,” Tambah Christyono.

Manajer PLN UP3 Luwuk Agus Tasya turut memberikan penjelasan terkait kondisi kelistrikan serta potensi-potensi pelanggan dengan daya besar yang ada diwilayah kerjanya. 

Dari perwakilan Pemerintah Daerah pun turut memberikan apresiasi terhadap kegiatan forum investor yang diinisiasi PLN UP3 Luwuk ini, dengan memberikan beberpa poin yang harus diperhatikan bersama baik itu dari sisi PLN maupun dari sisi investor.

“Untuk investor yang dating kedaerah harus memiliki perhitungan terlebih dahulu terkait kebutuhan listriknya itu berapa sehingga kami dapat menginformasikan kepada pihak PLN dan jangan sampai pada saat masuknya investor dengan kebutuhan daya yang besar akan mengganggu yang lain,” Ujar Judi Amisudin selaku Asisten I Setda Kabupaten Banggai.

Acara ditutup dengan penandatanganan Nota Kesepahama Penyambungan Pelanggan Baru dengan Daya 12.000 KVA antara PT PLN (Persero) dan pihak PT Toiba serta diakhiri dengan sesi foto bersama Manajemen PLN, Pemerintah Kabupaten Banggai, dan para Investor.

Untuk memudahkan layanan informasi, dapat mendownload PLN Mobile dari Playstore/AppStore, yang membuat pelanggan  mendapatkan informasi dari fitur-fitur seperti cek tagihan dan riwayat token; permohonan pasang baru, perubahan daya, penyambungan sementara; cek status pengaduan dan permohonan; informasi tarif listrik terkini, dan telepon *contact center PLN 123* dengan voice over internet protocol (VoIP) dengan menggunakan Pulsa Data Tanpa Pulsa telp.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024