Manado (ANTARA) - Realisasi penerimaan pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Manado pada tahun 2019 mencapai 92,88 persen dari yang ditargetkan.

"Pencapaian KPP Pratama Manado pada tahun 2019 tercatat sebesar Rp2,073 triliun dari  target  Rp2,232 triliun atau 92,88 persen," kata Kepala Kantor Wilayah DJP Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara (Suluttenggomalut) Tri Bowo  di Manado, Rabu.

Sementara KPP Pratama Gorontalo dengan penerimaan sebesar Rp762,71 miliar (87,82 persen), KPP Pratama Kotamobagu Rp514,20 miliar (87,15 perseb), dan KPP Pratama Luwuk Rp302,67 miliar (62,97 persen).

Dia menyebutkan total penerimaan pajak, KPP Pratama Manado, KPP Pratama Bitung, KPP Pratama Kotamobagu, dan KPP Pratama Tahuna sebesar  Rp3,754 triliun dari target Rp3,921 triliun.

Kalau dihitung seksama, penerimaan ini terutama ditunjang  sektor dominan seperti perdagangan, administrasi pemerintahan, jasa keuangan, konstruksi, dan industri pengolahan.

”Terima kasih kepada seluruh wajib pajak yang telah menjalankan kewajibannya dengan baik dan benar. Tahun ini Kanwil DJP Suluttenggomalut tetap akan memberikan pelayanan yang optimal kepada wajib pajak,” ujar dia.

Dia mengatakan salah satu bentuk komitmen untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan membangun Kanwil DJP Suluttenggomalut menjadi kantor berzona integritas melalui 6 area perubahan yang meliputi manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan manajemen sumber daya manusia, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Hal tersebut untuk memastikan seluruh pegawai berpegang teguh pada integritas dan dapat memberikan kualitas pelayanan prima kepada stakeholder,” katanya.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024