Manado (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manado, Senin,  mengimbau warga setempat, untuk terus mewaspadai ancaman bencana yang bisa terjadi akibat hujan yang terus turun. 

"Hujan masih tetap turun dengan intensitas sedang dan ringan, di Kota Manado dan sekitarnya, karena itu kami minta warga yang bermukim di lokasi rawan bencana seperti tepi daerah aliran sungai, perbukitan maupun para pelintas jalan waspada, jangan jadi korban," kata Sekertaris BPBD Manado, Petter Eman, ST, di Manado. 

Dia mengatakan, banjir lokal dan kirim serta tanah longsor dari wilayah hulu, bisa saja terjadi, maka warga harus mengungsi sementara ke wilayah yang aman.  Kondisi ketinggian air di pos pemantauan DAS Tondano. (Ist/Antara) (1)
"Apalagi malam ini air laut bergerak naik, waspada jangan sampai air terdorong kembali ke arah daratan, dan menyebabkan banjir terutama bagi warga yang tinggal di tepi DAS," katanya. 

Eman juga mengingatkan, agar para pelintas jalan, baik pejalan kaki, maupun pengendaraan kendaraan bermotor  untuk memilih jalan yang tidak banyak pohon, agar bis menghindari yang tumbang atau dahan patah. 

Selain mengimbau warga agar waspada bencana, Eman mengatakan saat ini tim BPBD terus memantau situasi dan berkoordinasi dengan pemerintah di wilayah serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas  untuk melaporkan kondisi terkini, apakah aman atau tidak. 

"Jika ada sesuatu kami langsung bergerak apalagi semua pihak terkait, sudah siap jadi kami terus bersiaga sambil mengimbau warga tetap waspada," katanya. ***3***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024