Manado (ANTARA) - Wakil Gubernur Steven Kandouw saat menghadiri syukuran serah terima anjungan Sulut di TMII berharap fasilitas tersebut terus menggiatkan atraksi seni dan budaya daerah.

"Pemprov terus mengoptimalkan fungsi anjungan itu sebagai show window dan tempat atraksi seni budaya daerah ini," sebut Wagub Kandouw seperti dikutip Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Daerah Sulut Ivone Kawatu di Manado, Kamis.

Wagub yang didampingi Dirut TMII Tanribali Lamo saat mengunjungi anjungan Sulut mengatakan, renovasi ini pertama kalinya dilakukan dan diharapkan berdampak positif pada sektor pariwisata daerah.

Hitung-hitungannya, sebut Wagub, setelah 45 tahun banyak bagian bangunan yang keropos dan butuh perbaikan.

"Ternyata testimoni kita dengan format road map seperti ini kita berhasil meningkatkan dunia pariwisata. Sumbangan PDRB pariwisata dari 2,3 persen menjadi 16 persen," sebut Wagub.

Wagub, kata Kawatu, mengatakan, sudah menjadi komitmen bahwa dari anggaran Pemprov Sulut sebesar Rp4 triliun tahun ini, sebanyak Rp400 miliar terserap untuk anggaran Pilkada dan ini menyebabkan celah fiskal menjadi sangat sempit sekali.

"Di bulan Januari diharapkan sudah bisa di manfaatkan oleh masyarakat setelah dianggarkan dalam APBD perubahan dan tujuan pak Gubernur Olly Dondokambeyu meningkatkan atraksi dan sebagai etalase Sulut bisa terselenggara," ujarnya.

Wagub, kata Kawatu juga berharap jajaran Badan Penghubung Daerah Sulut menjaga dan memelihara fasilitas tersebut.

"Ciptakan sistem yang baik untuk pemeliharaan tempat ini. Selanjutnya untuk suplementer dan komplementer program kita supaya apa yang betul-betul harus ditampilkan itu yang ditampilkan, terutama kebudayaannya," sebut Wagub saat menghadiri syukuran serah terima anjungan Sulut di TMII. ***3***

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024