Manado (ANTARA) - Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, terus melakukan koordinasi sebagai langkah  mencegah masuknya virus corona ke daerah tersebut. 

"Kami sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan pihak-pihak terkait, dan informasi terakhir dari MM travel, pemerintah negeri tirai bambu juga sudah membatasi kunjungan wisatawan  ke Manado," kata Lumentut, di Manado. 

Dia mengatakan, memang sampai saat ini belum ada virus corona yang terdeteksi masuk, tetapi pemerintah tetap melakukan langkah untuk melindungi warga Manado. 

Di sisi lain, dia mengakui, kebijakan yang ditempuh oleh pemerintah China itu, memang dilakukan baru baru ini, sehingga masih ada wisatawan dari negara tersebut di Manado. 

"Tetapi yang ada itu adalah yang melakukan kunjungan sebelum adanya kebijakan tersebut, namun mereka tetap dipantau," katanya. 

Karena belum ada laporan aupun temua kasus warga terjangkit virus corona, dia mengimbau warga tenang, namun pemerintah tak berdiam diri, sebab semua langkah dilakukan. 

Langkah - langkah yang dilakukan itu antara lain, memeriksa alat pendeteksi di terminal kedatangan Bandara Sam Ratulangi, kemudian koordinasi dengan pihak RSUP Kandou serta terus mengimbau masyarakat menerapkan pola hidup bersih sehat. 

Kepala Dinas Kesehatan Manado, Ivan Marthen mengatakan, untuk imbauan dan sosialisasi terus menerapkan pola hidup bersih sehat, dilakukan terus menerus oleh dinas kesehatan Kota Manado. 

"Yang ini dilakukan secara terus menerus oleh jajaran di Puskesmas langsung kepada masyarakat sehingga bisa mencegah penularan berbagai bibit penyakit, bukan hanya corona saja," kata Ivan. 


 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024