Minahasa Tenggara (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara, melakukan persiapan terkait pelaksanaan tes tertulis untuk seleksi calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), yang akan dilaksanakan pada 3 Februari, mendatang.
"Kami sedang mengatur persiapan pelaksanaan tes tertulis ini. Baik itu tempat maupun hal teknis lainnya," kata Ketua KPU Minahasa Tenggara Wolter Dotulong di Ratahan, Selasa.
Wolter yang didampingi Ketua Divisi Sosialisasi Parmas dan SDM, KPU Minahasa Tenggara, Otniel Wawo mengungkapkan untuk lokasi tes kemungkinan bakal meminjam fasilitas milik Pemkab.
"Lokasinya, rencananya kami bakal menyurat ke Pemkab untuk meminjam sporthall, karena pesertanya mencapai 222 orang. Tapi ini masih akan dibahas lagi dengan rekan-rekan komisioner lainnya," katanya.
Terkait dengan hal teknis lainnya, menurut Wolter pihaknya akan membahas mekanisme pemeriksaan hasil tes dari para calon PPK.
"Ada rencana untuk hasil tes, akan diperiksa secara silang oleh peserta. Ini juga bagian untuk menguji integritas mereka agar dapat berperilaku jujur, karena siapa pemeriksa wajib menulis namanya di lembar jawaban yang diperiksanya. Tapi tetap kami dari KPU juga melakukan pemeriksaan," jelasnya.
Sementara itu, Otniel menambahkan saat ini juga pihaknya masih menunggu jika ada tanggapan dari masyarakat tahap pertama, terhadap para calon PPK yang lolos penilitian administrasi.
"Kami sudah menyiapkan kotak khusus bagi masyarakat, yang ingin memberikan tanggapan mereka jika ada calon PPK yang tidak memenuhi persyaratan," ujarnya.
Tanggapan masyarakat tahap pertama ini dimulai pada 28 Januari sampai 5 Februari.***2***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024