Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (pemkot) Manado, Senin, menggelar rapat koordinasi (rakor) perencanaan  pembangunan  daerah, yang dipimpin oleh waklil wali kota Manado, Mor Bastiaan, SE. 

"Triwulan pertama di setiap tahun selalu menjadi waktu yang sangat penting, dalam pemerintahan, karena merupakan periode penyusunan rencana pembangunan untuk tahun berikutnya," kata Wawali Mor Bastiaan, di Manado. 

Dia mengatakan, semua jajaran pemerintah bertanggungjawab untuk menyusun rencana kerja yang sesuai dengan berkualitas. 

"Artinya, tersusun secara tepat waktu,  mampu menjawab isu strategis, inklusif, dapat dilaksanakan, sinergis dengan pembangunan provinsi dan nasional serta efisien dalam penggunaan sumber daya dan berwawasan lingkungan," katanya. 

Dia mengatakan, bahwa dokumen perencanaan yang tersusun baik, harus mengikuti ketentuan peraturan yang berlaku, karena itu mengisyaratkan bahwa pemerintah menguasai peraturan tentang perencanaan. 

Bastiaan juga mengajak seluruh jajarannya untuk selalu adaptif terhadap perubahan, semua dinamika perkembangan dan hal lainnya harus diikuti secara seksama, jangan sampai pasif, tetapi harus selalu aktif dalam mencari informasi dinamika pemerintahan daerah. 

Dia juga menambahkan perencanaan pembangunan daerah terkait dengan perencanaan pembangunan daerah, antara lain dalam Permendagri 70/2019 harus dipahami dengan benar oleh seluruh jajaran. 

Sehingga bisa dilaksanakan dengan benar nantinya, dan tidak ada pelanggaran atau hal-hal lainnya. ***
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024