Manado (ANTARA) - PT PLN Wilayah Sulawesi Utara Sulawesi tengah Gorontalo (Suluttenggo) mengimbau kepada masyarakat dan pelanggan agar waspada dan hati-hati akan bahaya di musim hujan ini.

"Di musim hujan ini, pasti ada potensi gangguan listrik, sehingga kami mengingatkan pelanggan dan masyarakat agar lebih berhati-hati," kata General Manager PLN UIW Suluttenggo, Christyono di Manado, kamis.

Dia mengatakan masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin. 

Selain itu, katanya, kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi dihimbau agar selalu waspada.

Christyono mengungkapkan dengan semangat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat seluruh petugas PLN tetap terus siaga menjaga keandalan pasokan listrik dan menggunakan alat pelindung diri agar tetap aman dalam menjalankan tugas.

PLN menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar merelakan pohon dirabas yang mendekati jaringan PLN yang berpotensi gangguan listrik saat hujan.

"Matikan listrik dari Miniature Circuit Breaker (MCB) (apabila ada genangan air), cabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak," katanya.

Naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman, yang harus diketahui oleh pelanggan, instalasi listrik dalam rumah merupakan tanggung jawab pelanggan sebagai pemilik rumah. Tanggung jawab PLN hanya sampai kWh meter pelanggan," tambahnya.

Hujan yang mengguyur di Wilayah Sulawesi Utara, yang masih berlangsung sehingga menyebabkan gangguan di beberapa titik diakibatkan oleh cuaca dan iklim ekstrim yang terjadi sementara ini.

Berdasarkan kondisi BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi,dan Geofisika) memberikan Peringatan dini cuaca tanggal 08 - 10 Januari 2020: Adanya siklon tropis ‘Blake’ 985 hPa di bagian Barat Laut Australia dan daerah pusat tekanan rendah 1001 hPa  di Laut Arafura menyebabkan terjadinya pola angin shearline (belokan angin) di wilayah Sulawesi Utara sehingga berpotensi hujan sedang hingga lebat dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Sulawesi Utara. 

Tanggal 08 Januari 2020 hujan sedang hingga lebat dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Manado, Tomohon, Kotamobagu, Minahasa Selatan, Bolmong, Bolmong Timur, Bolmong Utara, Bolmong Selatan, Dan Kep. Talaud.

Tanggal 09 Januari 2020 hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Manado, Bitung, Tomohon, Kotamobagu, Minahasa Selatan, Bolmong, Bolmong Utara, Minahasa Utara, Kep. Sitaro, Kep. Sangihe, Dan Kep. Talaud.

Tanggal 10 Januari 2020 hujan sedang hingga lebat dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Manado, Tomohon, Kotamobagu, Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Bolmong, Bolmong Timur, Bolmong Utara, Bolmong Selatan, Dan Kepulauan Talaud. 

Pelanggan juga dapat menghubungi Contact Center PLN 123 dalam keadaan darurat. Contact Center PLN 123 dapat diakses melalui telepon di (0380) 123, melalui Facebook di PLN 123, melalui Twitter di @pln_123, melalui email di pln123@pln.co.id, atau melalui aplikasi one-stop service, PLN Mobile, yang dapat diunduh di Google Playstore untuk Android atau App Store untuk iOS demi kemudahan layanan kapan saja dan dimana saja.


 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024