Manado (ANTARA) - Wakil Wali (Wawali) Kota Manado, Mor Bastiaan, SE, mengimbau seluruh masyarakat Manado yang bermukim di daerah rawan bencana untuk mengungsi sementara waktu ke tempat yang aman, menghindari bencana. 

Wawali Mor Bastiaan, mengatakan, warga harus melakukan tindakan pencegahan dengan mengungsi ke lokasi aman, agar tidak menjadi korban ketika bencana menghantam. 

"Jadi warga yang tinggal di bantara sungai, perbukitan maupun wilayah rawan bencana amankan diri dulu, agak tidak tertimbun tanah longsor, atau terbawa air saat banjir," katanya. 

Apalagi kata Wawali Mor, saat ini adalah puncak musim hujan, maka sudah seharusnya masyarakat menyadarinya dan mengungsi sebagai tindakan mengantisipasi jadi korban bencana. 

Di sisi lain, Wawali Mor Bastiaan, menambahkan seluruh jajarannya harus saling berkoordinasi dan memantau kondisi dan segera memberikan laporan serta bertindak menolong korban. 

Aparat pemerintah terutama yang berada paling depan, katanya, seperti kepala lingkungan dan lurah harus bersiap dan terus melaporkan perkembangan sambil memantau dan mengimbau warga untuk menyelamatkan diri. 

Di sisi lain, Wawali Mor mengatakan, pemerintah juga selalu siap sedia membantu masyarakat Manado, supaya bebanya bisa berkurang karena jadi korban bencana. ***

 
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024