Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Pemerintah desa (Pemdes) di Kabupaten Minahasa Tenggara diminta dapat mengantisipasi pengamanan saat malam pergantian tahun.
"Kami mengimbau agar pada saat perayaan pergantian tahun mendatang, pemerintah desa dapat melakukan langkah antisipasi pengamanan," kata Juru Bicara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara Arnold Mokosolang di Ratahan.
Dia menuturkan, perayaan pergantian tahun di masing-masing desa rawan terjadinya gangguan keamanan antar kelompok masyarakat.
"Ini harus diwaspadai, karena dalam pergantian tahun rawan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat," ujarnya.
Lebih lanjut kata Armold, pemerintah desa wajib menyampaikan kepada seluruh masyarakat agar ikut menjaga ketertiban saat pergantian tahun.
"Para perangkat desa juga diwajibkan untuk menyampaikan kepada masyarakat agar ikut menjaga keamanan serta ketertiban," ujarnya.
Selain itu pemerintah desa diwajibkan juga untuk terus berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan TNI jika terjadi gangguan keamanan.
"Harus juga berkoordinasi dengan aparat keamanan jika terjadi gangguan keamanan di desa. Dan para camat diperintahkan untuk memantau kondisi keamanan," tandasnya.***2***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024