Manado (ANTARA) - Direktur Lalu Lintas Polda Sulawesi Utara (Sulut) Kombes Pol Iwan Sonjaya mengimbau pengendara untuk tidak minum minuman keras (miras) saat merayakan pergantian tahun, dalam mencegah terjadinya kecelakaan.

"Sayangi diri kita dan hormati juga para pengguna jalan lainnya," kata Iwan, di Manado, Senin.

Ia mengatakan dari analisis serta masukkan personel dan evaluasi dilakukan, saat pergantian tahun banyak terjadi kecelakaan setelah pukul 00.00.

Untuk itu mengimbau kepada masyarakat terutama yang menggunakan kendaraan mengutamakan keselamatan dalam berlalu lintas dengan mematuhi aturan lalu lintas.

Pengendara juga diimbau untuk tidak mengkomsumsi miras saat berkendaraan.

"Karena banyak kasus kejadian kecelakaan lalu lintas, yang ternyata setelah dilakukan penyelidikan dan penyidikan dipengaruhi akibat minum miras. Untuk itu sayangi diri kita dan hormati juga para pengguna jalan lainnya," katanya.

Ia mengimbau juga kepada masyarakat yang membawa kendaraan, apabila nanti ada petunjuk arahan dari petugas-petugas kepolisian di lapangan, agar dipatuhi.

"Karena tidak semua jalan kendaraan tersebut bisa masuk, ada beberapa titik yang sudah disterilkan dari kendaraan sehingga otomatis di situ terjadi penumpukan massa," katanya.

Ia mengatakan dalam mengantisipasi arus lalu lintas saat malam pergantian tahun, pihaknya telah memanggil Kasat Lantas Polresta Manado untuk memaparkan kesiapan pengamanan akhir tahun.

Terutama masalah keamanan, pengamanan dan kelancaran arus lalu lintas pada saat malam pergantian tahun.

Ada beberapa titik yang memang nantinya akan dilakukan rekayasa jalan, rekayasa lalu lintas maupun rekayasa arus.

Pada pengamanan tersebut, Direktorat Lalu Lintas Polda Sulut juga akan mengerahkan seluruh personel yang antara lain untuk memback up Satlantas Polresta Manado pada sejumlah titik-titik yang telah ditentukan.
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024