Manado (ANTARA) - Ketua Komisi V DPR-RI, Lazarus berharap status jalan akses masuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara ditingkatkan status menjadi nasional.

"Akses jalan menuju ke KEK Likupang ada yang status nasional dan ada provinsi, harapannya mudah-mudahan pak Menteri PUPR bisa meningkatkan status semua akses jalan menuju KEK Likupang menjadi jalan nasional," ujar Lazarus seusai mengunjungi proyek pelebaran jalan menuju KEK Likupang, Jumat.

Menurut politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu tidak butuh waktu lama meningkatkan status jalan provinsi menjadi jalan nasional ini  karena penetapan KEK Pariwisata Likupang menggunakan Keppres, sehingga seluruh instrumen regulasi pendukung harus diperkuat.

"Karena itu perlu ada terobosan, apalagi menurut kepala balai (BPJN XV) mudah-mudahan tahun depan bisa berubah status menjadi jalan nasional, tidak memerlukan waktu lama," katanya.

Belum seragamnya lebar jalan menuju KEK Likupang, lanjutnya, karena ada tantangan pembebasan lahan yang harus dilakukan pemerintah daerah.

"Tidak mudah memang melakukan pembebasan lahan, apalagi ada empat desa yang akan dilewati apabila dilakukan pembebasan. Pemda perlu kerja keras untuk bebaskan lahan terutama yang akan terkena rumah," ujarnya.

Meski demikian menurut Lazarus, tidak ada pilihan lain apabila mau daerah ini maju, bagus, lancar, dan orang keluar masuk selain semua harus bekerja sama apakah pemda ataupun masyarakat sebab penerima dampak utama ramainya wisatawan yang berkunjung adalah masyarakat.

"Karena itu program ini harus didukung, kalau tidak daerah ini akan sulit dikembangkan menjadi lebih maju," ujarnya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024