Manado (ANTARA) - Wakil wali (Wawali) kota Manado Mor Bastiaan, SE,  mengajak DPRD setempat untuk memberikan perhatian khusus kepada anak-anak berkebutuhan khusus dalam program tahun 2020. 

"Anak-anak ini tidak perlu dikasihani, sebab mereka adalah warga Kota Manado yang kedudukan dan posisinya sama seperti kita semua, justru menurut saya mereka harus mendapat penghormatan," kata Bastiaan, di sela-sela perayaan Natal DPRD  Manado. 

Bastian mengatakan justru anak-anak berkebutuhan khusus itu memiliki kelebihan, tidak dimiliki oleh orang lain sehingga harus mendapat penghormatan lebih juga. 

Sebab itu dia mengajak DPRD Kota Manado untuk memberikan perhatian khusus kepada anak-anak berkebutuhan khusus itu, yakni para penyandang autis sehingga bisa tetap menjalani kehidupan selayaknya setiap hari. 

Apalagi kata Bastiaan, dalam penelusuran dan skrining awal dari relawan autis Sulawesi Utara, ditemukan ada sekitar 16 di wilayah Mapanget yang justru disembunyikan orang tua karena sering di "bully" oleh sesama. 

"Sebab itu saya mengajak kita memberikan perhatian khusus pada mereka tahun depan di dalam anggaran daerah sehingga bisa lebih membantu kegiatan dan persoalan khusus anak-anak autis di Kota Manado," katanya
 
Sementara ketua DPRD Manado Dra. Aaltje Dondokambey M.Kes Apt, menyambut hangat ajakan wakil walikota tersebut dan menyatakan siap mendukung untuk memberikan perhatian bagi para penyandang autis. 

"Tentu sebagai wakil rakyat dalam fungsi penganggaran kami pasti memberikan perhatian khusus, karena anak-anak ini pun adalah warga Kota Manado yang patut menerima pelayanan dari pemerintah dan DPRD kota,' katanya.

Dia pun berharap kiranya masyarakat memberikan perlakuan yang baik kepada para penyandang autis tersebut sebab mereka pun manusia sama seperti yang lain dan punya kedudukan yang sama dengan warga kota lain. ***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024