Manado (ANTARA) - Bawaslu Kota Manado, menjadwalkan pelaksanaan tes bagi seluruh calon anggota Panwascam di kota Manado selama empat hari, 13, 14, 16 dan 17 Desember, di SMA Negeri I Manado. 

"Pelaksanaan tes sokratif dilaksanakan serentak secara nasional pada 13 Desember pukul 08.00 Wita sampai selesai, diikuti 149 orang," kata Ketua Bawaslu Manado, Marwan Kawinda, SH, di Manado. 

Setelah itu, kata Kawinda dilanjutkan dengan wawancara yang dimulai untuk peserta dari Kecamatan Bunaken Kepulauan, dan Paal Dua pada pukul 13.00 Wita sampai selesai. 

Untuk peserta dari Bunaken Kepulauan, kata Kawinda, diprioritaskan mengingat para calon harus menyeberang laut untuk bisa datang ke Manado, maka sebisanya mereka diberikan kesempatan pertama sehingga bisa langsung kembali begitu selesai. 

Tes wawancara hari kedua katanya adalah pada tanggal 14 Desember,  untuk peserta dari tiga kecamatan, yakni Malalayang, Sario dan Tikala, yang akan diikuti sebanyak 46 orang akan mulai pukul 10.00 Wita sampai 15.30 Wita. 

"Tes hari ketiga adalah pada 16 Desember dengan peserta dari Wanea, Wenang  dan Singkil, juga sebanyak 46 orang dan pada hari terakhir yakni 17 Desember adalah untuk Bunaken, Tuminting dan Mapanget sebanyak 43 peserta yang akan diwawancara," katanya. 

Dia mengatakan, untuk tes wawancara akan dilakukan oleh pimpinan Bawaslu Manado, namun mengenai nilai tes sokratif nanti adalah dari Bawaslu RI, dan ditambah dengan hasil tes wawancara dibagi dua. 

Siapapun yang akan lulus nanti, katanya, semua adalah hasil tes tidak ada faktor suka atau tak suka, dan akan dilantik pada 21 Desember untuk bertugas di 11 kecamatan sebanyak 33 orang, dimana masing-masing kecamatan ada tiga orang. 
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024