Sulut, Tahuna (ANTARA) - Bupati Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara Jabes Ezar Gaghana mengimbau tokoh agama di daerah itu untuk membantu mengawasi pelaksanaan anggaran dana desa.

"Kami mengimbau tokoh agama yang ada di Sangihe ikut membantu mengawasi pelaksanaan program dana desa," kata Bupati Jabes Gaghana di Tahuna, Senin.

Menurut Bupati, selain membantu pengawasan, tokoh agama dalam kapasitasnya juga sebagai tokoh masyarakat kiranya ikut memberikan sumbangsih pemikiran guna kemajuan kampung atau desa.

"Bantuan pemikiran dari para tokoh agama sebagai panutan di tiap kampung sangat dibutuhkan untuk menyukseskan semua program," katanya.

Tahun depan kata Bupati, akan banyak program serta bantuan pemerintah yang akan diberikan kepada masyarakat, peran tokoh agama sangat diperlukan dalam mengawasinya.

"Peranan tokoh agama sangat menentukan keberhasilan program serta bantuan pemerintah melalui pengawasan yang baik apakah apa yang diberikan benar-benar dimanfaatkan dengan baik atau tidak," kata Bupati.

Program yang menggunakan dana desa tahun 2020 akan naik dan setiap desa diperkirakan menerima Rp1,1 miliar.

"Kalau dana desa yang diterima dikelola dengan baik maka bisa memberikan kesejahteraan kepada masyarakat setempat," kata dia.

Dia yakin dengan pengawasan dari semua pihak maka program itu bisa terlaksana dengan baik.

"Semakin banyak orang yang peduli dan melakukan pengawasan maka program yang ada pasti terlaksana dengan baik," kata Bupati.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024