Manado (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud akan memperpanjang status akreditasi Rumah Sakit Umum Daerah Mala dan Rumah Sakit Bergerak Gemeh untuk meningkatkan layanan kesehatan.

"Pemerintah daerah mengapresiasi Forum Kemitraan bersama seluruh pemangku kepentingan yang peduli dengan pelayanan kesehatan di tanah Porodisa (sebutan untuk kepulauan Talaud)," kata Sekretaris Daerah Adolf Binilang ME di Manado, Kamis.

Pemerintah berkomitmen pada tahun ini akan memperpanjang status akreditasi RSUD Mala, sedangkan RS Bergerak Gemeh diharapkan bisa terakreditasi tahun depan.

Hal ini, kata Sekdakab Binilang mengacu dari Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2016 tentang Akreditas Rumah Sakit.

"Kami berterima kasih atas terbentuknya Forum Kemitraan BPJS Kesehatan. Kehadiran forum ini diharapkan pelayanan kesehatan masyarakat dapat terkomunikasikan dengan efektif," kattanya.

Sejumlah pemangku kepentingan duduk bersama dalam forum kemitraan yang diinisiasi BPJS Kesehatan untuk meningkatkan layanan kesehatan di kabupaten kepulauan itu.

Pihak terkait yang hadir yaitu seperti Dinas Kesehatan, BPKAD, Bapelitbang, BKPSDM, Dinas Sosial, Direktur Utama RSUD Talaud dan Rumah Sakit Bergerak Gemeh serta perwakilan FKTP milik pemerintah daerah (Puskesmas) serta Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Beberapa hal yang dibahas di antaranya akreditasi rumah sakit, kurangnya tenaga medis dan sarana prasarana fasilitas kesehatan, serta kondisi klaim.

Hal penting lainnya, komitmen fasilitas kesehatan tingkat pertama dan lanjutan dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan kepatuhan memberikan pelayanan serta kepuasan peserta terhadap pelayanan kesehatan.

"Kami berharap melalui forum ini masalah di tingkat puskesmas, rumah sakit dan pihak penyelenggara dari sisi dukungan pemerintah bisa terdeteksi dan secara langsung dikomunikasikan. Selain itu, pelayanan kesehatan semakin membaik dan memenuhi harapan banyak orang melalui fasilitas yang diberikan oleh pemerintah setempat," kata Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud Fitriani Idrus.*
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024