Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Wakil Bupati Minahasa Tenggara Joke Legi mengimbau warga yang ada di daerah tersebut mewaspadai ancaman bencana, karena kondisi cuaca buruk.
"Saya mengimbau semua warga agar dapat mewaspadai bahaya atau ancaman terhadapnya bencana yang bisa terjadi, apalagi dengan melihat kondisi cuaca saat ini," kata Joke di Ratahan, Senin.
Dia menuturkan, warga yang berada di daerah rawan agar segera mencari tempat yang lebih aman untuk menghindari dampak dari bencana.
"Bagi warga yang tinggal di daerah sekitar aliran sungai agar mewaspadai terjadinya banjir, dan tinggal di sekitar kawasan lereng agar waspadai terjadinya longsor," ujarnya.
Selain itu ia juga mengimbau kepada warga di sekitar pesisir pantai agar mewaspadai angin keras, dan gelombang tinggi yang bisa mengancam kawasan pemukiman.
"Termasuk juga para nelayan, jangan memaksakan diri untuk melaut jika kondisi cuaca tidak bersahabat," katanya.
Dia juga memerintahkan seluruh kepala desa dan lurah serta para camat agar bersiaga di wilayahnya masing-masing ketika terjadi bencana.
"Semua kepala desa, lurah sampai camat tetap bersiaga untuk segala kemungkinan yang bisa terjadi, dan langsung berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten jika terjadi bencana," tandasnya.***3***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024