Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (BNI) Kantor Cabang Pembantu Ratahan, siap menunjang program  Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), di Kabupaten Minahasa Tenggara.
"BNI KCP Ratahan sepenuhnya akan menunjang program kegiatan BUMDes. Karena sasaran kami juga mewujudkan kemandirian ekonomi, sebagaimana tertuang dalam Nawacita," kata Kepala KCP BNI Ratahan Jessica Angel Mend, di Ratahan, Senin.
Ia mengungkapkan, untuk menunjang program yang digagas Presiden Joko Widodo ini, bank berstatus 'plat merah' terbaru menyiapkan Agen46 bagi BUMDes.
Lebih lanjut ia menjelaskan, produk ini sangat membantu masyarakat, karena di desa sudah bisa melakukan transaksi pembayaran seperti layaknya bank kecil.
“Saat ini BNI Ratahan mempuyai produk yaitu Agen46 untuk membantu masyarakat yang ada di desa. Jadi tidak perlu lagi susah-susah ke bank karena sudah bisa melakukan transaksi pembayaran," jelasnya.
Jessica yang didampingi Assistant Branchless Banking Handry Pontoh, mengatakan, Agen46 ini merupakan perpanjangan tangan dari pihak bank, sehingga pihak BUMDes akan mendapatkan keuntungan dari setiap transaksi yang dilakukan.
“Jadi kerja sama BNI dan BUMDes menjadi metode dan solusi untuk meningkatkan literasi, dan inklusi keuangan di daerah yang memiliki akses terbatas ke lembaga keuangan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” tandasnya.
Sementara Direktur BumDes Desa Pangu, Marvel Pandeleke, memberikan apresiasi kepada BNI yang telah menunjang program BumDes melalui produk Agen46.
"Ini tentunya akan sangat membantu kami. Apalagi dalam mengembangkan usaha serta memudahkan akses transaksi keuangan bagi masyarakat," ujarnya.
Ia pun berharap bank milik pemerintah ini akan terus menunjang pihak BUMDes dalam upaya pengembangan usaha di desa.***1***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024