Manado (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Utara dr. Debie Kalalo MSc PH menargetkan akreditasi puskesmas dan rumah sakit rampung tahun 2020.

"Proses akreditasi sementara berjalan untuk puskesmas dan rumah sakit, kalaupun belum selesai tahun ini, akan dilanjutkan tahun depan," sebut Debie pada peringatan Hari Kesehatan Nasional di Manado, Kamis.

Saat ini, lanjut dia sebanyak 112 puskesmas telah terakreditasi, dan hingga akhir tahun ini akan ketambahan sebanyak 58 puskesmas.

"Tahun ini kita sudah akreditasi sebanyak 170 puskesmas. Sementara rumah sakit di tahun depan," sebutnya.

Akreditasi puskesmas dan rumah sakit ini, sebut dia, dalam rangka menjamin pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.

Menurut Debie, berbagai program kesehatan masyarakat secara terpadu lintas sektor sementara berjalan di 15 kabupaten dan kota.

Sasarannya tertuju pada bagaimana membangun keluarga sehat sambil memperhatikan faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhinya.

Dia menambahkan, sebanyak 11 daerah di Sulut memperoleh penghargaan kota dan kabupaten sehat tingkat nasional.

"Pemerintah provinsi memberikan apresiasi untuk peningkatan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Sulut hingga daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan," katanya.
 


Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024